Bikin Host Jadi Penonton

Bikin Host Jadi Penonton
Striker Inggris, Wayne Rooney (kiri) dan Andy Carroll. Foto: Getty Images
DONETSK - Euro 2012 adalah kali ketiga pesta sepak bola terbesar antarnegara Eropa itu digelar oleh dua negara. Sebelum Polandia-Ukraina, Belgia-Belanda menjadi tuan rumah bersama pada edisi 2000 disusul Austria-Swiss (2008). Tapi, dalam dua edisi tersebut, tuan rumah gagal berpesta di negerinya sendiri alias merengkuh juara.

 

Tradisi itu, sepertinya, bakal berlanjut tahun ini. Jangankan juara, Polandia sudah tersingkir di fase grup, bahkan finis juru kunci. Ukraina ? Tim yang baru kali pertama tampil di putaran final tersebut butuh kerja ekstrakeras untuk tidak mengikuti jejak Polandia.

 

Syaratnya hanya satu. Ukraina harus mengalahkan Inggris di Donbass Arena di Donetsk dini hari nanti (siaran langsung RCTI kickoff 01.45 WIB). Ukraina saat ini memiliki 3 poin dari dua laga, Andriy Shevchenko cs hanya tertinggal satu angka dengan Inggris maupun Prancis. Hanya tiga tim itu yang masih berpeluang merebut dua tiket perempat final seiring Swedia sudah pasti tersingkir setelah tanpa poin dari dua laga.

 

Ukraina sebenarnya meraih hasil positif dalam pertemuan terakhir lawan Inggris. Dalam laga home di kualifikasi Piala Dunia 2010, Zhovto-Blakytni (si Kuning-Biru) " julukan Ukraina " menang 1-0 berkat gol semata wayang playmaker Serhiy Nazarenko.

 

DONETSK - Euro 2012 adalah kali ketiga pesta sepak bola terbesar antarnegara Eropa itu digelar oleh dua negara. Sebelum Polandia-Ukraina, Belgia-Belanda

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News