Bilang Tepat, Tapi Tetap Pesimis

KPW Soal Penunjukkan Karen Sebagai Dirut Pertamina

Bilang Tepat, Tapi Tetap Pesimis
Bilang Tepat, Tapi Tetap Pesimis
JAKARTA - Koordinator Pertamina Watch (KPW) Khairudin menganggap langkah pemerintah menunjuk Direktur Hulu Pertamina Karen Agustiwan sebagai Dirut Pertamina merupakan keputusan yang tepat. Menurutnya, Karen memiliki kompentensi, kredibilitas dan pengalaman di bidangnya. Meski begitu, Khairudin mengaku tetap pesimis, Karen mampu membawa Pertamina sebagai perusahaan kelas dunia, seperti yang diharapkan oleh banyak pihak.

''Karen memang memiliki kemampuan, kredibilitas maupun pengalaman untuk memimpin Pertamina. Namun, sehebat apa pun orang yang akan memimpin Pertamina tidak akan mampu membawa perubahan yang berarti, sepanjang intervensi politik kuat masih membelenggu Pertamina, seperti yang terjadi selama ini,'' ujar Khairudin kepada wartawan di Jakarta,Kamis (5/2).

Sikap pesimis Khairudin bukan tidak beralasan. Menurutnya, selama ini banyak orang-orang yang memiliki kompetensi  dan persyaratan teknis sekelas Karen untuk memimpin Pertamina. Namun, pada akhirnya juga tidak berhasil membawa perubahan seperti yang diinginkan.

“Mantan Dirut Ari Soemarno sebenarnya juga memiliki kemampuan.Dia juga telah melakukan perubahan-perubahan dengan program-programnya yang dia jalankan sejak dia menjabat pada tahun 2006 lalu yang hingga kini menunjukkan beberapa perkembangan positif. Seperti yang tertuang dalam annual report Pertamina. Blue Print Pertamina berupa Pertamina Way dan Pertamina Pasti Pas adalah contoh dari beberapa konsep yang dianggap cukup berhasil dalam upaya pembenahan Pertamina. Serta tidak lupa beberapa perubahan pada corporate culture lainnya,” ujar Khairuddin lagi.

Karena itu, Khairudin berpendapat penggantian Arie Sumarno bukan karena kelangkaan BBM atau kebakaran Plumpang, melainkan karena alasan politik. “Kami menilai kedua alasan ini tidak cukup kuat karena masalah kelangkaan BBM sesungguhnya bukan pertama kali saja terjadi dan merupakan cerita yang selalu saja terulang di republic yang kayak minyak ini. Terlebih masalah kelangkaan BBM banyak sekali factor yang mempengaruhinya yaitu teknis seperti cuaca, geografi, pengakutan dan sebagainya,” tambahnya.

JAKARTA - Koordinator Pertamina Watch (KPW) Khairudin menganggap langkah pemerintah menunjuk Direktur Hulu Pertamina Karen Agustiwan sebagai Dirut

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News