BIN Sudah Tahu tapi Takut Bocor

BIN Sudah Tahu tapi Takut Bocor
BIN Sudah Tahu tapi Takut Bocor
JAKARTA - Kepala Badan Intelijen Negara (BIN), Sutanto, mengatakan, pelaku bom bunuh diri di Gereja GBIS Solo, Jawa Tengah, sebetulnya sudah terindentifikasi sejak lama. Namun, kata Sutanto, ada kendala teknis menyangkut bagaimana menyebar informasi ke aparat di lapangan agar tidak bocor.

“Seperti yang sudah diberitakan yang di Solo, ini juga berkaitan dengan di Cirebon. Pelaku jauh-jauh hari sudah teridentifikasi dari kelompok mereka itu lah, dan sudah siap untuk melaksanakan bom bunuh diri pada waktu itu,” ungkap Sutanto usai rapat tertutup dengan Komisi I DPR di gedung DPR, Senayan Jakarta, Senin (26/9).

Walau sudah terindikasi, lanjut mantan Kapolri itu, secara teknis ada kendala penyebaran informasi ke petugas di lapangan karena informasi seperti ini memerlukan tingkat rahasia yang tinggi. Jika sembarangan menyebarluaskannya kepada petugas maka dampaknya bisa fatal. Kebocoran informasi dapat menggagalkan proses pengejaran.

“Tidak mudah untuk menangani teror. Karena tidak semuanya bisa dibuka pada semua aparat di lapangan karena memang perlu kerahasiaan yang tinggi. Tidak bisa dari Densus atau siapapun, bisa gagal gara-gara ada informasi yang bocor. Memang perlu kerahasiaan yang tinggi,” tegas Sutanto.

JAKARTA - Kepala Badan Intelijen Negara (BIN), Sutanto, mengatakan, pelaku bom bunuh diri di Gereja GBIS Solo, Jawa Tengah, sebetulnya sudah terindentifikasi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News