Bireun Cs Usul jadi KEK

Bireun Cs Usul jadi KEK
Bireun Cs Usul jadi KEK
JAKARTA—Tiga kabupaten/kota dari Provinsi Nangroe Aceh Darusalam (NAD) mengusulkan ditetapkan sebagai kawasan ekonomi khusus (KEK). Usulan ini disampaikan Bupati Bireuen Nurdin Abdurahman dan Wali Kota Lhokseumawe Munir Usman dalam Pansus DPR RI tentang KEK di Komisi VI, Senin (2/3).

jpnn.com - Menurut Nurdin, ada tiga daerah di NAD yang potensial untuk dikembangkan sebagai KEK, yakni Bireuen, Aceh Utara, dan Lhokseumawe. Disebutkannya, Bireuen mempunyai potensi kelautan, pertanian, perkebunan, industri, dan perdagangan yang sangat besar sehingga layak jadi KEK.

“Usulan RUU KEK, sangat kami dukung penuh. Karena itu melihat lokasi strategis dari Bireuen, Aceh Utara, dan Lhokseumawe kami berharap DPR bisa memasukkan tiga daerah ini dalam KEK,” ujarnya.

Senada itu Munir mengatakan, Lhokseumawe memiliki pelabuhan terbaik di banding daerah lain di Aceh, bahkan Medan dengan didukung fasilitas memadai. Di samping potensi industri dan kawasan luas untuk pergudangan.

“Kalau di Lhokseumawe punya pelabuhan terbaik, Aceh Utara memiliki lapangan udara yang representatif. Pastinya jika UU KEK telah terbentuk, kami akan mengalokasikan dana dalam APBD,” tandasnya.

Sementara itu Azwir, salah satu anggota Pansus, menyatakan setuju dengan usulan tersebut. “Apapun yang Aceh minta, akan kita support. Asalkan jangan minta merdeka ya, harus tetap dalam NKRI,” cetusnya. (esy/jpnn)

JAKARTA—Tiga kabupaten/kota dari Provinsi Nangroe Aceh Darusalam (NAD) mengusulkan ditetapkan sebagai kawasan ekonomi khusus (KEK). Usulan


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News