Biro Keuangan Diajak Rapat Pilkada

Biro Keuangan Diajak Rapat Pilkada
Biro Keuangan Diajak Rapat Pilkada
JAKARTA -- Untuk kelancaran pilkada di 246 daerah pada tahun depan, pada 25 Nopember 2009 mendatang akan digelar rapat koordinasi yang dihadiri pejabat dari Bagian Kesatuan Bangsa provinsi dan kabupaten/kota. Acara juga akan dihadiri unsur KPU, KPUD provinsi dan kabupaten/kota, panwas di semua tingkatan, serta Biro Keuangan provinsi dan kabupaten/kota.

Direktur Jenderal Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) Depdagri Tanribali Lamo mengatakan, Biro Keuangan juga hadir lantaran masih ada sejumlah daerah yang rencana pelaksanaan pilkadanya terhambat masalah dana. "Diharapkan setelah rapat itu nanntinya semuanya bisa klir. KPU klir, panwas klir, Biro Keuangan klir," harap Tanribali lamo di ruang kerjanya, Senin (9/11) malam.

Tanri menyebutkan, dari 246 daerah yang akan menggelar pilkada tahun depan, 80 persennya pilkada digelar bulan Agustus dan September 2010. Saat ditanya apakah tidak lebih baik pilkada di tahun depan digelar serentak secara nasional karena toh 80 persen digelar di bulan Agustus dan September, Tanri menyerahkan sepenuhnya keputusan itu ke masing-masing KPUD.

Dia mengakui, bila dilakukan serentak akan bisa menghemat biaya. Namun, dia belum bisa menyebutkan berapa dana yang bisa dihemat. Katanya, saat ini Direktorat Bina Adminsitrasi Keuangan daerah (BAKD) Depdagri sedang menghitung berapa kiranya dana yang bisa dihemat bila pilkada dilakukan serentak secara nasional. "Karena dana yang dibutuhkan antardaerah berbeda-beda," ujarnya. (sam/JPNN)

JAKARTA -- Untuk kelancaran pilkada di 246 daerah pada tahun depan, pada 25 Nopember 2009 mendatang akan digelar rapat koordinasi yang dihadiri pejabat


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News