Bisa Muncul Poros Baru

Bisa Muncul Poros Baru
Bisa Muncul Poros Baru

jpnn.com - JAKARTA - Di luar tiga poros utama perkoalisian, yakni poros Jokowi, poros Prabowo Subianto, dan Poros Aburizal Bakrie (ARB), masih berpeluang munculnya poros baru.

Menurut pengamat politik yang juga Direktur Eksekutif IndoBarometer, Mohammad Qodary, masih ada kemungkinan muncul perkoalisian di luar ketiga poros utama tersebut.

Pertama, poros yang dimotori Partai demokrat, dengan menggandeng setidaknya dua partai lain agar bisa mengusung pasangan capres-cawapres.

Tapi menurutnya, peluang itu tipis. "Karena dari para kandidat yang ikut konvensi capres Demokrat, belum ada yang elektabilitasnya mengungguli tiga capres itu (Jokowi, Prabowo, ARB, red). SBY akan realistis dengan hanya mengusung cawapres," ujar Qodary  dalam sebuah diskusi bertema Tiki-Taka Koalisi, di Cikini, Jakarta, Sabtu (12/4).

Meski peluangnya juga tipis, bisa juga muncul perkoalisian yang dipimpin pasangan Wiranto-Hary Tanoe. "Tapi ini juga berat karena suaranya kecil," ujar Qodary.

Terakhir, perkoalisian yang dibangun partai-partai berbasis massa Islam. Namun, lanjutnya, peluang munculnya koalisi partai Islam juga tipis. "Karena tidak ada tokohnya," pungkas Qodary. (sam/jpnn)

 


JAKARTA - Di luar tiga poros utama perkoalisian, yakni poros Jokowi, poros Prabowo Subianto, dan Poros Aburizal Bakrie (ARB), masih berpeluang munculnya


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News