BJ Habibie Terima Gelar Doktor dari UI

BJ Habibie Terima Gelar Doktor dari UI
BJ Habibie Terima Gelar Doktor dari UI
JAKARTA - Universitas Indonesia (UI) memberikan gelar doktor kehormatan (honoris causa) kepada Prof Dr Ing Bachruddin Jusuf Habibie.  Presiden RI ketiga itu diberi gelar doktor HC dalam bidang filsafat teknologi.

Dalam pengukuhan yang dilakukan di Kampus UI, Depok, Sabtu (30/1), Habibie menyampaikan pidato berjudul Filsafat dan Teknologi. Habibie mengutarakan keinginannya agar industrialisasi melalui alih ilmu pengetahuan dan teknologi tidak dilepaskan dari prinsip filosofis pragmatis.

"IPTEK menyembunyikan kepentingan yaitu kontrol dan prediksi. IPTEK adalah manifestasi kehendak berkuasa manusia atau alam," ujarnya.

Habibie melanjutkan, hubungan yang dibentuk oleh IPTEK adalah hubungan monologis, subjek-objek antara manusia dan alam. Alam pun menjadi standing reserve bagi kebutuhan manusia. "Ini dapat berakibat fatal apabila tidak dikatalisasi oleh kearifan dan norma-norma etis," cetusnya.

Terkait pemberian gelar doktor tersebut, juru bicara UI, Vishnu Juwono, mengungkapkan bahwa selama ini Habibie sudah dikenal luas sebagai  sosok ilmuwan, teknokrat kreatif, dan inovatif yang tidak mengabaikan hasil pemikiran filosif Jerman. "Beliau kerap melakukan kajian dan penerapan praktis filsafat teknologi yang mendalami bidang teknologi itu sendiri, dikaitkan dengan filsafat ilmu pengetahuan baik secara praktis maupun teoritis," kata Vishnu.

JAKARTA - Universitas Indonesia (UI) memberikan gelar doktor kehormatan (honoris causa) kepada Prof Dr Ing Bachruddin Jusuf Habibie.  Presiden

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News