BK Janji Tindak Anggota DPR Nakal

BK Janji Tindak Anggota DPR Nakal
Menteri BUMN Dahlan Iskan. Foto: Sumeks/dok.JPNN
JAKARTA - Badan Kehormatan (BK) DPR berjanji mengambil sikap tegas terhadap anggota DPR nakal setelah memperoleh keterangan Menteri BUMN Dahlan Iskan besok (5/11). Meski demikian, soal berapa lama waktu yang dibutuhkan untuk memproses keterangan tersebut, BK belum bisa memastikan.

Anggota BK Ali Maschan Moesa menyatakan, cepat tidaknya proses bagi mereka yang diduga telah memeras BUMN bergantung materi yang disampaikan Dahlan. "Kalau data dan alat bukti yang diberikan kuat, pasti cepat dan mudah nanti prosesnya. Dan begitu sebaliknya. Hal-hal seperti ini kan sering ada baunya, tapi susah dibuktikan," ujar Ali saat dihubungi kemarin (3/11).

Sebagaimana proses beracara di BK pada umumnya, setelah pemanggilan Dahlan, institusi penjaga kode etik dewan itu akan terlebih dahulu memanggil nama-nama anggota DPR yang disebut. Yang bersangkutan diberi kesempatan untuk menyampaikan klarifikasi hingga bantahan terhadap laporan yang telah disampaikan.

"Baru ketika semua tahap sudah dilalui, kemudian kami bersidang untuk menentukan sanksi bagi yang dianggap telah melanggar kode etik, BK akan tegas menyangkut hal ini," terang politikus PKB tersebut.

JAKARTA - Badan Kehormatan (BK) DPR berjanji mengambil sikap tegas terhadap anggota DPR nakal setelah memperoleh keterangan Menteri BUMN Dahlan Iskan

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News