BKMOM Targetkan 1000 Operasi Katarak Setahun

BKMOM Targetkan 1000 Operasi Katarak Setahun
BKMOM Targetkan 1000 Operasi Katarak Setahun
UNIT Pelaksana Teknis Dinas (UPTD) Balai Kesehatan Mata dan Olaharaga Masyarakat (BKMOM) Kaltim mematok target melakukan operasi katarak dan pterigium pada 1.000 pasien dalam setiap tahun. Kepala UPTD BKMOM Kaltim dr Parmono mengatakan, sejak awal 2011 hingga Juni tahun ini, pihaknya sudah melayani 971 pasien katarak dan 84 penderita pterigium.

----------------------------------------------------------------------

BKMOM yang terletak di Jalan Basuki Rahmat untuk memberi pelayanan utama pada pterigium dan katarak. Pterigium adalah pertumbuhan selaput pada permukaan bola mata. Tepatnya pada selaput bening mata. Sedangkan katarak adalah keburaman yang terjadi pada lensa mata. Untuk kasus tertentu bahkan menyebabkan kebutaan.

“Tapi buta katarak itu bisa disembuhkan melalui operasi,” dr Parmono, kepala UPTD BKMOM Kaltim, baru-baru ini. Katarak lanjutnya, biasanya terjadi akibat faktor degenaratif atau usia menua. Terjadi karena perubahan komposisi kimia lensa mata. Bisa juga terjadi pada bayi atau anak-anak, tapi itu jarang terjadi. Biasanya disebabkan infeksi virus pada saat ibu hamil muda.

Parmono menjelaskan BKMOM dibawah Dinas Kesehatan Kaltim ini menyelenggarakan pengobatan di dalam dan di luar balai. Di dalam balai maksudnya pasien bebas datang berobat tiap hari. “Kalau di luar balai, berarti BKMOM bekerjasama dengan pemerintah kota/kabupaten untuk praktik terbuka,” jelasnya.

UNIT Pelaksana Teknis Dinas (UPTD) Balai Kesehatan Mata dan Olaharaga Masyarakat (BKMOM) Kaltim mematok target melakukan operasi katarak dan pterigium

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News