BKPM : Investor Mulai Relokasi Pabrik ke Indonesia

BKPM : Investor Mulai Relokasi Pabrik ke Indonesia
BKPM : Investor Mulai Relokasi Pabrik ke Indonesia
JAKARTA - Indonesia sepertinya menjadi magnet kuat yang menarik investasi. Salah satu buktinya, beberapa investor kini mulai merelokasi atau memindahkan pabriknya dari beberapa negara ke Indonesia.

Kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) Gita Wirjawan mengatakan, saat ini, beberapa investor memang tertarik dengan tawaran pemerintah agar mereka merelokasi pabriknya ke Indonesia. "Sudah ada (yang merelokasi). Ada (sektor) sepatu, elektronik, tekstil, dan manufaktur," ujarnya saat ditemui di Kantor Menko Perekonomian akhir pekan lalu.

Beberapa perusahaan tersebut merelokasi pabrik mereka dari beberapa negara seperti Tiongkok dan Thailand. Untuk investor Tiongkok yang banyak mengekspor produknya ke Indonesia, pemerintah memang menawarkan agar mereka merelokasi pabriknya ke Indonesia, sehingga mereka hanya mengekspor bahan baku dari Tiongkok ke Indonesia. Adapun produksi dan suplai beberapa bahan baku lainnya, didapat dari Indonesia. Sedangkan relokasi dari Thailand lebih disebabkan stabilitas politik di negeri tersebut yang kurang kondusif.

Menurut Gita, selain dua negara tersebut, pemerintah juga terus mendekati investor-investor asal Korea untuk merelokasi maupun berinvestasi di Indonesia. "Total rencana investasinya hingga USD 10 miliar," katanya.

JAKARTA - Indonesia sepertinya menjadi magnet kuat yang menarik investasi. Salah satu buktinya, beberapa investor kini mulai merelokasi atau memindahkan

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News