BMKG Diminta Lebih Cepat Sajikan Info Cuaca

BMKG Diminta Lebih Cepat Sajikan Info Cuaca
BMKG Diminta Lebih Cepat Sajikan Info Cuaca
JAKARTA - Menteri Perhubungan (Menhub) Jusman Syafii Djamal menegaskan, penyajian informasi yang cepat, tepat dan tajam tentang perubahan cuaca, tentu sangat dibutuhkan untuk mendukung penyelenggaraan transportasi yang aman. Karenanya, Menhub berharap kepada Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) sebagai institusi yang berkompeten di bidang ini untuk bisa memfasilitasi penyajian informasi tersebut secara optimal.

"BMKG harus menyiapkan suatu kemampuan atau tools dalam memprediksi perubahan iklim," kata Jusman Syafii Djamal di Jakarta, Kamis (26/3).

Prediksi itu, kata Jusman Syafii Djamal, akan membuat pihak BMKG mampu mempertajam ketepatan membaca sebuah peringatan terkait perubahan iklim terhadap sektor lain. ''Contohnya terhadap pesawat terbang maupun pelayaran. Atau terhadap kemunginan terjadinya banjir, sehingga pemerintah daerah bisa mempersiapkan diri dengan lebih baik,'' ungkapnya.

Jusman Syafii Djamal menjelaskan, perubahan iklim yang belakangan terjadi dengan sangat cepat, menjadi salah satu dasar dibentuknya BMKG menggantikan lembaga sebelumnya, Badan Meteorologi dan Geofisika (BMG).

JAKARTA - Menteri Perhubungan (Menhub) Jusman Syafii Djamal menegaskan, penyajian informasi yang cepat, tepat dan tajam tentang perubahan cuaca,

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News