BNI Gandeng Komunitas Pesantren

BNI Gandeng Komunitas Pesantren
BNI Gandeng Komunitas Pesantren

jpnn.com - JAKARTA - PT Bank Negara Indonesia (BNI) baru saja mengaet Gerakan Pemuda (GP) Ansor, organisasi kepemudaan yang memiliki basis komunitas kuat di lingkungan pesantren di bawah naungan Nahdatul Ulama (NU). Hal ini dilakukan untuk terus memperluas dan mengembangkan financial inclusion di Indonesia.

"BNI menilai GP Ansor memiliki kemampuan dan motivasi untuk terus membantu komunitas di sekitar pesantren dalam mengembangkan perekonomiannya, dari masyarakat pra sejahtera menjadi sejahtera," ujar Direktur Utama BNI Gatot M Suwondo dalam keterangan tertulisnya, Minggu (5/1).

Melalui proses penjurian yang ketat, GP Ansor menetapkan tiga pondok pesantren yang terbaik dalam mengembangkan usaha berbasis komunitasnya. Yaitu Pondok Pesantren Al-Ittifaq Ciwidey, Bandung, Jawa Barat serta BMT/ Koperasi Simpan Pinjam Pondok Pesantren Sidogiri Syariah, Pasuruan, Jawa Timur dan usaha dagang pupuk organik, obat-obat herbal, dan air minum Pondok Pesantren Sunan Drajat, Lamongan, Jawa Timur.

"Ketiganya diputuskan sebagai penerima penghargaan Nahnu Ansorulloh dari GP Ansor. Untuk itu, BNI tertarik turut memperkuat usaha yang telah dirintis ketiga pesantren tersebut," sebutnya.

Maka itu Gatot bersama Ketua Umum GP Ansor Nusron Wahid telah sepakat menandatangani Nota Kesepahaman (MoU) di sela-sela Harlah ke-80 GP Ansor di Surabaya, Jawa Timur, Sabtu (4/1) lalu dan disaksikan Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY).

“Kami ingin memperkenalkan jasa-jasa keuangan ke komunitas pesantren, yang kali ini kami awali melalui MoU dengan GP Ansor. Bukan hanya produk perbankan, kami juga akan memperkenalkan produk-produk keuangan lain, seperti asuransi, sehingga upaya pengembangan financial inclusion semakin menguat,” tutur Gatot.

Dengan adanya MoU tersebut, lanjut Gatot, pada tahap awal, atau sekitar kuartal I 2014, BNI akan berupaya mengenal lebih dalam kegiatan usaha yang telah dilakukan oleh ketiga pondok pesantren itu. Selain itu juga akan memperkenalkan program Kampoeng BNI sebagai salah satu sarana penguatan ekonomi masyarakat.

Kemudian, pada kuartal II 2014, BNI akan mengupayakan agar penguatan ekonomi berbasis komunitas pesantren ini menjadi proyek percontohan yang dapat direplikasi ke pesantren-pesantren lainnya.

JAKARTA - PT Bank Negara Indonesia (BNI) baru saja mengaet Gerakan Pemuda (GP) Ansor, organisasi kepemudaan yang memiliki basis komunitas kuat di

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News