BNPB Salurkan Dana Bantuan untuk Korban Gempa di Bandung

BNPB Salurkan Dana Bantuan untuk Korban Gempa di Bandung
Kepala BNPB Letjen Suharyanto saat memberikan dana bantuan kepada korban gempa bumi di Kecamatan Kertasari, Kabupaten Bandung, Kamis (19/9/2024). Foto: sources for JPNN

jpnn.com - BANDUNG - Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) menyalurkan dana bantuan untuk korban terdampak gempa bermagnitudo 4,9 di Kabupaten Bandung, Jawa Barat.

BNPB memastikan warga yang rumahnya rusak karena goncangan gempa akan mendapatkan biaya ganti rugi.

Selain itu, rumah yang masuk kategori rusak berat juga akan dibangun kembali, dan pemiliknya tinggal di tempat lain untuk sementara.

Kepala BNPB Letjen TNI Suharyanto mengatakan rumah rusak berat akan mendapatkan dana bantuan Rp 60 juta, rusak sedang Rp 30 juta, rusak ringan Rp 15 juta.

Suharyanto telah meminta TNI dan Polri membentuk tim untuk membersihkan puing-puing materiel bangunan yang rusak akibat gempa.

Setelah selesai, selanjutnya akan dilakukan pembangunan untu rumah yang rusak berat, ringan, dan sedang.

“Setelah bersih (puing-puing), rumah yang rusak berat dibangun kembali, rumahnya rusak berat dapat rumah baru dari pemerintah Rp 60 juta. Rumah sedang rusak sedang Rp 30 juta dan rusak ringan Rp 15 juta," kata Suharyanto saat meninjau lokasi gempa bumi di Kertasari, Kabupaten Bandung, Jabar, Kamis (19/9).

Suharyanto melanjutkan masyarakat yang rumahnya mengalami kerusakan berat serta harus mengungsi di tenda pengungsian berhari-hari bakal mendapatkan dana tunggu hunian.

BNPB menyalurkan dana bantuan untuk korban terdampak gempa Bandung, Jawa Barat (Jabar).

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News