BNPT Kerahkan Tim Periksa Pengamanan Hotel di Kaltim

BNPT Kerahkan Tim Periksa Pengamanan Hotel di Kaltim
Badan Nasional Penanggulangan Terorisme (BNPT) melakukan sosialisasi dan pra audit standar pengamanan hotel di Kalimantan Timur, Rabu (3/7/2024). (ANTARA/HO-BNPT RI)

jpnn.com - Tim dari Badan Nasional Penanggulangan Terorisme (BNPT) melakukan sosialisasi dan pra-audit standar pengamanan hotel di Kalimantan Timur, Rabu (3/7).

Langkah itu dilakukan guna memastikan keamanan penyelenggaraan Hari Ulang Tahun (HUT) Ke-79 RI di Ibu Kota Nusantara (IKN).

Kasubdit Pengamanan Lingkungan BNPT RI Kolonel Laut Setyo Pranowo mengatakan sosialisasi dan pra-audit hotel terutama dilakukan di tempat penginapan tamu-tamu penting negara.

Beberapa hotel di antaranya Novotel dan Ibis Balikpapan. BNPT juga melakukan skrining terhadap personel pengelolanya.

"Kami sosialisasi potensi ancaman dan pra-audit di Novotel karena di sini nanti akan menginap tamu VIP dan VVIP," kata Setyo dikutip dari keterangan tertulis resmi yang diterima di Jakarta, Jumat (5/7).

BNPT RI membantu tim keamanan hotel termasuk melakukan skrining personel secara keseluruhan agar terhindar dari ancaman luar dan dalam.

Setyo mengatakan partisipasi pengelola hotel sangat penting untuk terus melakukan peningkatan sistem pengamanan sehingga memiliki pemahaman yang komprehensif terkait indikator ancaman.

"Harus sadar bagaimana ciri-ciri indikator ancaman," ujar Setyo.

Tim BNPT melakukan sosialisasi dan pra-audit standar pengamanan hotel di Kalimantan Timur, Rabu (3/7), menjelang upacara HUT RI di IKN.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News