Bogor tak Dingin Lagi

Bogor tak Dingin Lagi
Bogor tak Dingin Lagi

jpnn.com - BOGOR--Suhu udara yang cukup panas melanda wilayah Bogor dan sekitarnya dalam beberapa hari ini. Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) memprediksi cuaca panas itu masih akan berlangsung beberapa hari ke depan.

 

Meski masih tergolong suhu normal pada musim kemarau, namun tergolong cukup panas  pada siang hari terutama pada pukul 11:00-14:00. Kepala Seksi Data dan Informasi Stasiun Klimatologi Darmaga, Hendri Antoro menjelaskan, cuaca panas saat ini disebabkan posisi matahari tengah berada tepat di titik garis equator atau berada di atas wilayah Bogor dan sekitarnya.

"Ditambah dengan kelembaban udara yang saat ini cukup tinggi, mencapai angka 58 hingga 90 persen. Panasnya terjadi merata hampir di seluruh Indonesia," ujarnya.

Menurut Hendri, dengan kelembaban udara yang cukup tinggi tersebut, cuaca menjadi cerah dan tidak terjadi pembentukan awan. Kondisi udara juga cenderung stabil, sehingga cenderung tidak bergerak dan membuat panas tidak bergeser dari satu titik ke titik lain.

"Kondisi udara yang stabil menjadikan panasnya ini tidak ke mana-kemana. Kalau udara pergerakannya labil, itu akan bergerak dan membuat panas bergeser ke lokasi lain," tutur dia.

Meski demikian, tambahnya, potensi terjadinya hujan di wilayah Bogor tetap ada walau dengan durasi yang singkat.

“Kondisi terik saat ini tetap wajar karena Indonesia sedang berada pada musim kemarau. Tak perlu dikhawatirkan, akhir Agustus mungkin akan ada hujan walaupun tidak banyak dan tidak sering,” kata dia. Ia juga menjelaskan curah hujan sekarang ini masih termasuk normal.

BOGOR--Suhu udara yang cukup panas melanda wilayah Bogor dan sekitarnya dalam beberapa hari ini. Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG)

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News