Bolong DIpinggir Juga Sah

Bolong DIpinggir Juga Sah
Bolong DIpinggir Juga Sah
JAKARTA- Anggota Komisi Pemilihan Umum (KPU) Abdul Aziz menegaskan, surat suara dengan lobang dipinggir yang tidak berada di area cetakan dianggap tidak cacat dan sah. Penjelasan Abdul Aziz ini sekaligus menutup kontroversi tentang surat suara berlobang hasil cetakan salah satu rekanan KPU, yang kini mulai diedarkan.

"Letak lubang jauh, jadi tidak mengganggu area cetak," kata Abdul Aziz kepada wartawan di Jakarta, Sabtu (21/2). Pernyataan Abdul Aziz sekaligus  mengklarifikasi dugaan surat suara yang dicetak PT. Ganeca Exact cacat karena terdapat lubang berjajar dibagian tepi kertas.

Aziz yang didampingi Wakil Kepala Biro Logistik KPU Boradi dan Pimpinan Proyek PT. Ganeca Exact Basuni, menjelaskan jarak antara jajaran lubang dengan area cetak kolom gambar partai politik dan nomor urut caleg sekitar 5 milimeter.Artinya, lubang tersebut tidak merusak area cetak surat suara dan lubang di bagian tepi kiri surat suara tersebut tidak menyebabkan surat suara dianggap tidak sah.

"Lubang ini tidak mengganggu area cetak. Ini akan disampaikan ke KPU Kabupaten/Kota hingga ke KPPS (Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara)," katanya sambil menunjukkan contoh surat suara yang dicetak PT. Ganeca Exact.

JAKARTA- Anggota Komisi Pemilihan Umum (KPU) Abdul Aziz menegaskan, surat suara dengan lobang dipinggir yang tidak berada di area cetakan dianggap

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News