Bos KPK Ini Senang Jokowi tak Minta Masukan soal Reshuffle

Bos KPK Ini Senang Jokowi tak Minta Masukan soal Reshuffle
Indriyanto Seno Adji. Foto: dok.JPNN

jpnn.com - JAKARTA - Plt Wakil Ketua KPK Indriyanto Seno Adji tak keberatan lembaganya tidak dilibatkan dalam proses perombakan kabinet. Sebaliknya, pakar ilmu hukum pidana itu justru mengaku senang Presiden Joko Widodo (Jokowi) tidak minta pendapat KPK terkait reshuffle.

"Memang KPK tidak mengenal rapor merah atau kuning dan sebaiknya tidak melakukan hal tersebut apabila terhadap personal bagi kepentingan individu maupun kelembagaan," kata Indriyanto melalui pesan singkat, Kamis (13/8).

Sikap Indriyanto ini berbeda dengan rezim pimpinan KPK sebelumnya yang memberi masukan kepada Jokowi saat membentuk kabinet kerja. Ketika itu KPK melakukan penelusuran rekam jejak terhadap kandidat menteri dan kemudian memberi rekomendasi ke presiden.

Menurut Indriyanto, menelusuri rekam jejak dan memberi rekomendasi terkait susunan kabinet bukanlah fungsi KPK. Bahkan dia menganggap hal tersebut sebenarnya tidak etis dilakukan oleh KPK.

"Kok sepertinya KPK jadi seperti lembaga clearing & security house (lembaga kliring), menyerupai Kopkamtib di era terdahulu (orde baru). Saya tidak sependapat KPK dijadikan seperti itu," pungkasnya. (dil/jpnn)

 


JAKARTA - Plt Wakil Ketua KPK Indriyanto Seno Adji tak keberatan lembaganya tidak dilibatkan dalam proses perombakan kabinet. Sebaliknya, pakar ilmu


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News