BP Sukses Sumbat Kebocoran Minyak

BP Sukses Sumbat Kebocoran Minyak
BP Sukses Sumbat Kebocoran Minyak
NEW ORLEANS - Kali pertama sejak meluapnya minyak mentah dari anjungan lepas pantai Deepwater Horizon, British Petroleum (BP) sukses menyumbat kebocoran. Kemarin (16/7), mereka mengumumkan kesuksesan tersebut di hadapan media. Gedung Putih dan masyarakat di sepanjang pesisir menyambut baik pengumuman tersebut.

"Saya sangat bahagia menyaksikan minyak mentah tidak lagi mengalir ke Teluk Meksiko," ujar Kent Wells, wakil presiden senior BP, seperti dilansir Agence France-Presse. Tapi, dia menegaskan bahwa keberhasilan pertama setelah hampir tiga bulan berusaha menghentikan luapan itu baru awal. Apalagi, BP membutuhkan waktu sedikitnya 48 jam untuk menganalisa dampak sumbatan tersebut terhadap kondisi sumur di bagian bawah.

Sebelumnya, Presiden Amerika Serikat (AS) Barack Obama juga memperingatkan BP agar tidak terburu-buru merayakan keberhasilan upaya penyumbatan. Sampai seluruh analisa dilakukan dan kekuatan sumbatan teruji, seluruh warga AS pun diimbau untuk tidak terlalu banyak berharap. Terutama, mereka yang tinggal di sepanjang pesisir Teluk Meksiko.

Kendati demikian, pasar saham langsung mereaksi positif kemampuan BP menutup tiga klep sumur yang bocor di anjungan Deepwater Horizon. Di London, saham perusahaan minyak Inggris itu langsung melonjak 4,29 persen. Reaksi positif itu terjadi sesaat setelah BP resmi menutup klep ketiga sumur yang bocor pada Kamis sekitar pukul 14.25 waktu setempat atau sekitar pukul 02.45 dini hari kemarin.

NEW ORLEANS - Kali pertama sejak meluapnya minyak mentah dari anjungan lepas pantai Deepwater Horizon, British Petroleum (BP) sukses menyumbat kebocoran.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News