BPK: Kementan Raih WTP Dengan Kerja Keras dan Sesuai Peraturan

BPK: Kementan Raih WTP Dengan Kerja Keras dan Sesuai Peraturan
Penyampaian laporan hasil pemeriksaan BPK atas laporan keuangan Kementerian Pertanian tahun 2016 kepada Menteri Pertanian (Mentan), Andi Amran Sulaiman di Auditorium Kantor Pusat Kementan, Senin (5/6). Foto: Humas Kementan

jpnn.com, JAKARTA - Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) melalui anggota IV, Prof Rizal Djalil menegaskan hasil pemeriksaan laporan keuangan Kementerian Pertanian (Kementan) pada 2016 adalah Wajar Tanpa Pengecualian (WTP).

Hasil yang dicapai dengan kerja keras dan berdarah-darah itu, menurutnya, sudah sesuai dengan peraturan perundang-undangan yang berlaku, sehingga tidak ada yang melanggar hukum dan etika.

Tak hanya itu, dia mengatakan, hasil tersebut melewati proses yang alot melalui proses cek dan ricek data yang panjang di lapangan.

"Proses pemeriksaan laporan keuangan Kementan sangat clear. Jadi WTP yang diperoleh Kementan tidak ada kaitan dengan berita-berita negatif. Jangan ada keraguan tentang itu dan kami bergantung jawab," tegasnya pada acara Penyampaian laporan hasil pemeriksaan atas laporan keuangan Kementerian Pertanian tahun 2016 kepada Menteri Pertanian (Mentan), Andi Amran Sulaiman di Auditorium Kantor Pusat Kementan, Senin (5/6).

Rizal mengungkapkan perhatian Presiden Jokowi sangat luar biasa yakni menempatkan pangan sebagai sektor utama, karena pangan menyangkut segala hajat hidup manusia.

Untuk itu, dia menilai jika pangan tidak ada, maka akan terjadi gejolak.

"Yang penting upaya Kementan meningkatkan produksi tercapai. Sàya komit menjelaskan kepada publik masalah pangan ini, tidak hanya didepan Menteri", tegas Rizal

"Tugas Kementerian Pertanian dalam meningkatkan produksi pangan sudah selesai. Produksi pangan seperti padi, jagung, kedelai, bawang merah, gula dan cabai meningkat. Masalah distribusi pangan urusannya beda, bukan Kementerian Pertanian," imbuhnya.

Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) melalui anggota IV, Prof Rizal Djalil menegaskan hasil pemeriksaan laporan keuangan Kementerian Pertanian (Kementan)

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News