BPK Siap Diaudit Negara Asing

BPK Siap Diaudit Negara Asing
BPK Siap Diaudit Negara Asing
JAKARTA - Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) saat ini sedang mempersiapkan diri untuk diaudit oleh BPK dari negara lain (peer review) pada tahun 2009 nanti. Langkah ini dilakukan sebagai wujud akuntabilitas terhadap pemilik kepentingan, juga mendorong perbaikan kinerja seluruh jajaran BPK.

“Secara internal, BPK harus memberi contoh dan teladan. Masak, tukang pemeriksa nggak bersedia untuk diperiksa,” kata Ketua BPK Anwar Nasution, saat jumpa pers mengenai rapat kerja pimpinan BPK-RI semester II-2008, di gedung BPK, Jalan Gatot Soebroto, Jumat (25/7).

Ia mengatakan, selama ini BPK menjadi satu-satunya lembaga pemerintah yang diaudit oleh institusi dari negara asing. Namun hingga kemarin Anwar belum bersedia meyebutkan negara mana yang akan melakukan audit. “Coba kalau Depkeu atau Kejaksaan Agung. Mana ada mereka diaudit oleh Depkeu atau Kejagung dari negara luar,” tambahnya.

Sementara itu berdasarkan pasal 33 UU Nomor 15 Tahun 2003, peer review oleh BPK negara lain diperbolehkan guna menjamin mutu pemeriksaan pengelolaan dan tanggung jawab keuangan negara oleh BPK sesuai dengan standar yang ditentukan.

Dengan begitu sistem pengendalian mutu BPK ditelaah oleh badan pemeriksa keuangan negara lain yang menjadi anggota organisasi pemeriksa keuangan sedunia. Dan penunjukan negara mana yang bakal melakukan audit tersebut terlebih dulu harus mendapat pertimbangan dari DPR.

“BPK asingnya masih sedang dicari, kemungkinan dari Belanda atau Australia,” kata Anwar.

Selain peer review, ditambahkan Anwar, wujud akuntabilitas BPK juga akan dilakukan dalam beberapa hal. Di antaranya adalah penerapan key performance indicator melalui Sistem Manajemen Kinerja (SIMAK) pada tingkat satuan kerja yang akan disusul pada tingkat individu.

“Karena itu saya meminta kepada para kepala perwakilan untuk semakin kreatif dan sensitif dalam memilih obyek pemeriksaan yang rawan korupsi di daerahnya masing-masing,” pintanya. (rie/JPNN)

JAKARTA - Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) saat ini sedang mempersiapkan diri untuk diaudit oleh BPK dari negara lain (peer review) pada tahun 2009


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News