BPS: Maret, Waktu Terbaik Naikkan BBM

BPS: Maret, Waktu Terbaik Naikkan BBM
BPS: Maret, Waktu Terbaik Naikkan BBM
JAKARTA — Dengan melonjaknya harga minyak seiring dengan meningkatnya permintaan minyak subsidi dalam negeri, pemerintah mengaku kewalahan ‘menyelamatkan’ asumsi makro APBN 2011. Pemerintah pun telah mengajukan tiga opsi guna membatasi subsidi BBM. Yakni dengan cara menaikkan harga BBM, membatasi BBM subsidi atau mengalihkan dari premium ke Pertamax.

Namun hingga saat ini, pemerintah masih belum mengambil keputusan apapun. Kepala Badan Pusat Statistik (BPS) Rusman Heriawan, meminta agar pemerintah tidak tarik ulur mengeluarkan kebijakan. Periode Februari hingga Maret, dinilai waktu yang tepat menentukan keputusan dari tiga opsi tadi.

‘’Saran saya, inilah waktu terbaik pemerintah ambil keputusan. Apapun opsinya, pasti ada inflasi. Kalau ditunggu lagi, sepanjang tahun 2011 juga banyak lagi bebannya, ada lebaran, tahun ajaran baru dan lain-lain. Itu lebih tidak bagus,’’ kata Rusman pada wartawan di Jakarta, Senin (21/3).

Rusman juga beralasan, periode merupakan momen karena inflasi sedang menunjukkan trend menurun, kurs rupiah menguat dan tekanan dari luar yang tidak  begitu mempengaruhi. ‘’Karena lebih simple (mudah) kalau semuanya naik. Apalagi kalau ada cashback (pengendalian) khusus angkutan umum, jadi tidak ada pengaruhnya bagi barang dan jasa lainnya,’’ kata Rusman.

JAKARTA — Dengan melonjaknya harga minyak seiring dengan meningkatnya permintaan minyak subsidi dalam negeri, pemerintah mengaku kewalahan

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News