Bu Megawati Difitnah Lagi

Bu Megawati Difitnah Lagi
Foto: Hoaks

jpnn.com, JAKARTA - Berbagai cara dilakukan untuk menyudutkan pihak-pihak tertentu, antara lain dengan mengaitkannya dengan Partai Komunis Indonesia (PKI). Mulai membuat blog clickbait sampai screenshot editan.

Salah satu yang menggoreng isu PKI itu adalah pengelola akun fan page PKI yang beralamat di fb.com/PKI-357421738059717. Fan page tersebut baru saja dibuat. Umurnya masih beberapa hari. Akun itu membuat banyak postingan hoaks. Modusnya, membagikan link dari blog clickbait.

Link blog yang banyak dibagikan, antara lain, med1a-terpercaya.blogspot.com, international-news-today.blogspot.com, dan seputar-berita-indonesia.blogspot.com. Lewat blog-blog tersebut, pengelola fan page itu sengaja menyebarkan hoaks.

Mereka membuat tulisan seolah sebuah berita. Khas sebuah tulisan clickbait, judul yang dibuat tidak mencerminkan isi tulisan.

Berita-berita itu juga dilengkapi foto yang tidak berkaitan dengan aktivitas komunisme di Indonesia.

Misalnya, blog med1a-terpercaya. Blog yang dibuat menyerupai portal berita Media Indonesia tersebut menuliskan judul tulisan, ’’Megawati Minta Pemerintah Tiadakan Adzan Di Masjid, Karna Suaranya Berisik’’.

Oleh fan page PKI, link itu disebarkan dan ditambahi komentar, ’’Islam Harus Dihancurkan Di Indonesia Biar Tahu Rasa’’.

Dalam tulisan yang dibuat blog med1a-terpercaya itu, tak ada komentar Megawati. Yang ada komentar politikus PDIP Eva Sundari atas kerusuhan di Tanjung Balai, Sumatera Utara, 2016 silam. Ketika itu memang meletus kerusuhan SARA.

Hoaks semacam ini jelas bertujuan menyudutkan dan membenturkan Megawati Soekarnoputri dengan umat muslim. Waspadalah!

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News