Bukan Sekedar Dapat Kerja di Australia, Perhatikan Juga Keselamatan Diri

Bukan Sekedar Dapat Kerja di Australia, Perhatikan Juga Keselamatan Diri
Bukan Sekedar Dapat Kerja di Australia, Perhatikan Juga Keselamatan Diri

Rosihan Anwar asal Makassar mengaku pernah beberapa kali mengalami kecelakaan di tempat kerjanya di Melbourne, Australia.

Kecelakaan paling parah adalah sekitar dua tahun lalu, saat ia hampir saja kehilangan tangan kirinya yang akibat besi yang menyayat telapak tangannya.

Rosihan saat itu bekerja di sebuah perusahaan yang memanaskan dan mengecat besi, dengan produk akhirnya dipakai sebagai kotak listrik berukuran besar yang biasa ditemui di jalan-jalan kota Melbourne.

"Kita selalu mengangkatnya berdua dan biasanya menggunakan hitungan, tapi hari itu teman kerja saya menurunkan cepat tanpa aba-aba," ujar Rosihan.

Bukan Sekedar Dapat Kerja di Australia, Perhatikan Juga Keselamatan Diri Photo: Sebelum mulai bekerja, pekerja harus mendapat pelatihan cara menggunakan peralatan yang digunakan di tempat kerja. (ABC News: Kirrin McKechnie)

"Jadi pintu dengan lebar 1 meter itu terlepas dari pegangan saya dan menyosor terkena telapak saya," katanya kepada Erwin Renaldi dari ABC.

Rosihan mengaku jika saat itu sudah menggunakan sarung tangan, mengikuti aturan keselamatan kerja, bahkan sampai dua lapis.

Kebetulan pemilik perusahaan sedang berada di lokasi kejadian dan langsung memberikan pertolongan darurat dan mengantar ke rumah sakit.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News