Bukti Koruptor Lakukan Kaderisasi dan Regenerasi

Bukti Koruptor Lakukan Kaderisasi dan Regenerasi
Bukti Koruptor Lakukan Kaderisasi dan Regenerasi
JAKARTA - Wakil Ketua MPR RI, Hajriyanto Y Thohari, menilai temuan Pusat Pelaporan dan Analisis Transaksi Keuangan (PPATK) tentang rekening janggal PNS muda menunjukkan bahwa kaderisasi sedang berlangsung di kalangan pelaku korupsi. Sayangnya, pemberantasan korupsi tak secepat regenerasi dan kaderisasi koruptor.

"Dulu kan politisi muda, sekarang diikuti PNS-PNS muda. Artinya regenerasi korupsi itu sangat cepat sementara pemberantasan korupsi oleh KPK tak sebanding dengan kaderisasi koruptor," kata Hajriyanto dalam diskusi tentang "Etika Kehidupan Berbangsa" dalam Sosialisasi Empat Pilar Kebangsaan di Yogyakarta, Sabtu (10/12).

Namun demikian Hajri -demikian Hajriyanto biasa disapa- masih percaya bahwa pihak-pihak yang tidak korup tetap lebih banyak dari pelaku korupsi. Persoalannya, kata Hajri, pihak yang tak korupsi memiliki kecenderungan permisif.

"Mereka memiliki kecenderungan permisif dalam hal berkawan, bekerjasama dan bergaul dengan koruptor. Publik kadang juga tak peduli ketika dibantu, apakah itu uang korupsi atau tidak. Kalau dibantu tetap diterima," keluhnya.

JAKARTA - Wakil Ketua MPR RI, Hajriyanto Y Thohari, menilai temuan Pusat Pelaporan dan Analisis Transaksi Keuangan (PPATK) tentang rekening janggal

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News