Bulan Depan, Pertagas Bangun Pipa Arun-Belawan

Bulan Depan, Pertagas Bangun Pipa Arun-Belawan
Bulan Depan, Pertagas Bangun Pipa Arun-Belawan
JAKARTA - PT Pertamina Gas (Pertagas) akan mulai membangun jaringan distribusi pipa gas dari Lhok Sukon dan Arun Aceh menuju terminal penampungan dan regasifikasi terapung (floating storage & regasification unit/FSRU) Belawan Sumatera Utara pada Maret 2013. Investasi proyek ini ditaksir mencapai USD 500 juta dengan panjang pipa 370 kilometer (km).

Menurut Direktur Utama Pertagas Gunung Sardjono Hadi, pembangunan pipa distribusi dari Lhok Sukon menuju Belawan itu dilakukan dua tahun. Saat ini status pembangunan proyek yang bekerja sama dengan badan usaha daerah (BUMD) itu telah mengantongi izin dari Pemprov Aceh dan Sumatera Utara.

"Izin juga sudah kita dapatkan dari gubernur Aceh dan Sumut, pipa juga sudah ada pemenang, tinggal menunggu final investment decision dari Bu Karen (Dirut Pertamina Karen Agustiawan, Red) minggu ini sudah," kata Gunung di Jakarta, Rabu (13/2).

Gunung mengakui, dana investasi sebesar USD 500 juta untuk proyek ini jauh lebih tinggi dari rencana semula. Awalnya, anak usaha Pertamina ini memperkirakan biayanya sekitar USD 300-400 juta. Membengkaknya investasi disebabkan ada perubahan panjang pipa.

 

JAKARTA - PT Pertamina Gas (Pertagas) akan mulai membangun jaringan distribusi pipa gas dari Lhok Sukon dan Arun Aceh menuju terminal penampungan

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News