Bunex 2024: Potensi Kakao Indonesia Mampu Mendunia

Bunex 2024: Potensi Kakao Indonesia Mampu Mendunia
Potensi kakao di Indonesia memiliki prospek cerah yang kian manis hingga ke kancah global. Foto. Dok. Kementan

jpnn.com, JAKARTA - Perkebunan Indonesia Expo (Bunex) 2024 kembali memukau pengunjung dengan berbagai acara menarik, salah satunya adalah talkshow bertajuk Fun Cocoa Testing.

Talkshow ini menampilkan Fandi seorang ahli kakao, yang mengungkapkan geliat kakao Indonesia di pasar global.

Talkshow ini diselenggarakan oleh Kementerian Pertanian melalui Direktorat Jenderal Perkebunan, yang didukung oleh Badan Pengelola Dana Perkebunan Kelapa Sawit (BPDPKS).

Dalam pembukaannya, Fandi memberikan gambaran mengenai harga biji kakao yang saat ini berkisar antara 130-150 ribu rupiah per kilogram.

Dia menyoroti tantangan yang dihadapi kakao Indonesia di masa lalu, terutama terkait dengan teknik pengolahan yang belum memadai.

"Dulu, pengolahan kakao kita memang masih minim, sehingga kualitasnya belum bisa bersaing dengan kakao dari negara lain," ungkap Fandi (13/9).

Namun, optimisme Fandi jelas. Dia percaya bahwa dengan pengolahan yang lebih baik dan inovatif, kakao Indonesia memiliki potensi besar untuk bersaing di pasar global.

"Saat ini, Indonesia memiliki peluang besar di dunia dengan kakao yang diolah dengan baik. Kompetisi Cacao of Excellence yang mengadu kualitas kakao terbaik dari seluruh dunia membuktikan bahwa kakao Indonesia memiliki kesempatan besar untuk meraih pengakuaninternasional,” jelasnya.

Tantangan yang dihadapi kakao Indonesia di masa lalu, terutama terkait dengan teknik pengolahan yang belum memadai.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News