Bung Tomo Tunggu 27 Tahun, Natsir 15 Tahun

Untuk Dapat Gelar Pahlawan Nasional

Bung Tomo Tunggu 27 Tahun, Natsir 15 Tahun
Bung Tomo Tunggu 27 Tahun, Natsir 15 Tahun
JAKARTA – Ikon Hari Pahlawan, Sutomo alias Bung Tomo, akhirnya resmi dianugerahi gelar pahlawan nasional. Jumat (7/11) Presiden Susilo Bambang Yudhoyono di Istana Negara memberikan gelar pahlawan nasional kepada pemimpin pertempuran 10 November 1945 itu.

Dalam kesempatan tersebut, ada tiga tokoh yang dianugerahi gelar pahlawan nasional. Selain almarhum Sutomo, gelar pahlawan diberikan kepada almarhum Mohammad Natsir dan KH Abdul Halim (ketua umum Persatuan Umat Islam). SBY juga menyerahkan Bintang Mahaputera Utama untuk almarhum Petta Lolo La Sinrang, tokoh pejuang Kerajaan Sawitto (Sulsel). Kemudian, Bintang Budaya Parama Dharma untuk almarhum Wahyu Sihombing (sutradara) dan almarhum Marah Rusli (penulis/sastrawan).

Gelar pahlawan bagi Bung Tomo diterima Sulistina Sutomo, istri Bung Tomo. Perempuan 83 tahun itu hadir bersama putra bungsunya, Bambang Sulistomo. ’’Alhamdulillah. Saya lega dan bersyukur. Terima kasih untuk warga Jawa Timur yang sudah memperjuangkan mulai tahun 1980-an,’’ kata Sulistina.

Dia berharap agar generasi muda bisa meneladani Bung Tomo yang selalu berjuang tanpa pamrih. Mengenai sulitnya gelar pahlawan diraih Bung Tomo, Sulistina mengaku tidak pernah ngoyo. ’’Kebenaran itu pasti muncul  meski ditutupi,’’ katanya.

JAKARTA – Ikon Hari Pahlawan, Sutomo alias Bung Tomo, akhirnya resmi dianugerahi gelar pahlawan nasional. Jumat (7/11) Presiden Susilo Bambang

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News