Butuh Hampir 37 Juta Lembar, Surat Suara Pilgub Jabar Dicetak 4,5 Juta per Hari

Butuh Hampir 37 Juta Lembar, Surat Suara Pilgub Jabar Dicetak 4,5 Juta per Hari
Fungsional Ahli Madya Tata Kelola Pemilu (TKP) KPU Jabar, Susila Hery Prabawa, saat meninjau proses pencetakan surat suara Pilgub Jabar. (ANTARA/HO KPU Jabar).

jpnn.com - BANDUNG - Kebutuhan surat suara Pemilihan Gubernur Jawa Barat sangat besar, hampir 37 juta lembar.

Untuk mengantisipasi pencetakan dapat dilakukan sesuai waktu pencetakan ditarget rampung 4,5 juta lembar per hari.

Menurut Komisi Pemilihan Umum (KPU) Jawa Barat proses pencetakan mulai Rabu (23/10) dan diharapkan bisa selesai akhir Oktober 2024.

"Proses cetak dimulai hari ini, awalnya jam 08.00 WIB, tetapi mundur jadi jam 11.00 WIB. Target per harinya dicetak 4,5 juta surat suara untuk Pilgub Jabar, sampai akhir Oktober 2024," ujar Fungsional Ahli Madya Tata Kelola Pemilu (TKP) KPU Jabar, Susila Hery Prabawa, dalam keterangan di Bandung Rabu.

Dengan target dan estimasi selesai masa cetak pada 30 Oktober 2024, distribusi surat suara Pilgub Jabar, kata Hery, ditargetkan rampung terkirim di KPU kabupaten/kota pada tanggal 1 November 2024.

Untuk mencegah kerusakan surat suara, pengecekan akan dilakukan secara simultan setiap beberapa menit.

"Perusahaan secara simultan melakukan pemeriksaan setiap beberapa menit sekali untuk memastikan surat suara yang dicetak sesuai dengan dummy yang telah ditetapkan," ucapnya.

Sementara itu Ketua Divisi Perencanaan dan Logistik KPU Jabar Hari Nazarudin mengatakan proses produksi surat suara akan selesai akhir Oktober 2024 dan nantinya langsung didistribusikan ke daerah.

Kebutuhan surat suara untuk Pemilihan Gubernur Jawa Barat hampir 37 juta lembar, target pencetakan 4,5 juta lembar per hari.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News