Cagub Dedi Mulyadi Mau Bangun 5 PLTSa untuk Atasi Permasalahan Sampah di Jawa Barat

Cagub Dedi Mulyadi Mau Bangun 5 PLTSa untuk Atasi Permasalahan Sampah di Jawa Barat
Cagub Jawa Barat Dedi Mulyadi ditemui seusai menghadiri acara internal Partai Gerindra di Kota Bandung, Sabtu (5/10). Foto: Nur Fidhiah Shabrina/JPNN.com

jpnn.com, BANDUNG - Calon Gubernur (Cagub) Jawa Barat Dedi Mulyadi menyoroti permasalahan sampah yang masih jadi tugas besar di setiap masa pemerintahan.

Dalam rencananya, pria yang karib disapa Demul itu bakal membangun lima Pembangkit Listrik Tenaga Sampah (PLTSa) di daerah di Jawa Barat.

Demul mengatakan, perlu keberanian dalam mengeksekusi ide membuat PLTSa.

“Kesulitan itu kan karena ketidakberanian mengambil eksekusi. Nah, kenapa tidak berani mengeksekusi? Karena adanya tekanan, biasanya dari kelompok-kelompok lingkungan,” kata Dedi ditemui di Kota Bandung, Sabtu (5/10).

Saat mengeksekusi, kata Demul, tentunya perlu dibarengi dengan green desain yang sudah dibuat secara matang.

Ia pun mencontohkan sistem pemilahan sampah yang belum efektif untuk lingkup besar. Sistem seperti itu bisa dipraktikkan di lingkungan kecil atau masyarakat saja.

Maka dari itu sistem pengolahan sampah versi Demul adalah membaginya ke dalam dua lingkup. Pertama, pemilahan sampah dari rumah untuk lingkungan kecil dan lingkungan besar di PLTSa.

“Jadi kalau nanti saya akan pilah dua, satu pemilahan sampah tetap ada untuk lingkungan kecil, lingkungan besarnya di PLTSa. Kemudian juga harus terintegrasi, misalnya kalau anorganik untuk menjadi pupuk organik, harus diwajibkan pertanian menggunakan itu,” jelasnya.

Cagub Jabar Dedi Mulyadi berencana untuk membangun PLTSa di sejumlah daerah di Jabar untuk menangani permasalahan sampah.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News