Call Center TKI Dibuka Juni

Call Center TKI Dibuka Juni
Call Center TKI Dibuka Juni
JAKARTA - Kementerian Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Kemenakertrans) akan merilis call center bagi Tenaga Kerja Indonesia (TKI). Rencanya, call center yang akan dioperasikan Badan Nasional Penempatan dan Perlindungan TKI (BNP2TKI) itu dibuka pada Juni mendatang.

Menteri Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Menakertrans) Muhaimin Iskandar mengungkapkan, call center tersebut untuk melayani pengaduan dari TKI maupun keluarganya. "Call center ini bisa dikatakan salah satu cara untuk memberikan perlindungan terhadap TKI. Sehingga jika ada pengaduan mengenai kejadian yang menimpa TKI kita di luar negeri ataupun dari pihak keluarga, dapat segera ditindaklanjuti," ungkap Muhaimin di Gedung Kemenakertrans, Jakarta, Selasa (24/5).

Lebih lanjut menteri yang akrab disapa Cak Imin ini menjelaskan, berdasarkan laporan Kepala BNP2TKI Jumhur Hidayat, call center TKI akan beroperasi selamat 24 jam untuk melayani pengaduan calon TKI, TKI dan keluarga TKI. Call center TKI tersebut, lanjut Cak Imin,  terintegrasi dengan Sistem Komputerisasi Tenaga Kerja Luar Negeri (SiskoTKLN) BNP2TKI, dan dapat diakses secara online baik dalam negeri maupun luar negeri.

“Nantinya, melalui call center ini TKI dan keluarganya dapat mengadukan permasalahannya melalui sambungan telepon yang akan langsung dijawab oleh petugas operator. Selain itu, TKI atau keluarganya pun bisa melaporkan aduan melalui faksimili, surat, email dan SMS atau TKI bisa mengadu langsung dengan datang ke gedung Call Center BNP2TKI," jelasnya.

JAKARTA - Kementerian Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Kemenakertrans) akan merilis call center bagi Tenaga Kerja Indonesia (TKI). Rencanya, call center

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News