Calon Penerima Beasiswa Dahlan Iskan Tes di Graha Pena Medan

Calon Penerima Beasiswa Dahlan Iskan Tes di Graha Pena Medan
Calon Penerima Beasiswa Dahlan Iskan Tes di Graha Pena Medan

jpnn.com - MEDAN - Calon penerima Beasiswa Dahlan Iskan di Universitas Surya yang lolos seleksi administrasi dari Kota Medan dan sekitarnya mengikuti tes tertulis matematika dan bahasa Inggris di gedung Graha Pena, Jalan Sisingamangaraja, Medan, Selasa (29/4).

Calon penerima beasiswa itu mengikuti tes tertulis mulai pukul 10.00 hingga 12.30 WIB. Pelaksanaan tes tertulis disaksikan langsung Penanggungjawab Dahlan Iskan Scholarship yang juga CEO Riau Pos Grup, H Makmur Kasim didampingi Direktur Utama Sumut Pos Grup, Marganas Nainggolan serta perwakilan Universitas Surya, Stefanus Setiawan dan An Ly.

Dalam sambutannya, Makmur menyampaikan, beasiswa Dahlan Iskan di Universitas Surya didedikasikan untuk setiap siswa-siswi berprestasi di masing-masing daerah. Di mana, penjaringan dilakukan melalui jaringan usaha Jawa Pos Grup di seluruh Indonesia di bawah koordinasi JPNN.

Saat ini ada 900 orang calon penerima beasiswa lolos administrasi, selanjutnya akan diseleksi dan diambil 300 orang. Untuk beasiswa ini, disiapkan anggaran sebesar Rp45 miliar untuk 300 orang penerima beasiswa yang lulus.
 
Stefanus mengatakan, para peserta bisa mengikuti ujian tertulis setelah tahapan administrasi lolos. Setelah tes tertulis ini, maka diputuskan untuk diambil 300 besar tertinggi dari 900 peserta.
 
Usai mengikuti ujian tertulis, dua peserta mengaku mampu menjawab soal yang masing-masing berjumlah 20 soal. "Insya Allah semuanya terjawab. Ya soalnya biasa kami pelajari di sekolah," kata Luki Pebrianto peserta asal Jalan AR Hakim, Kota Binjai.

Anak keempat dari 7 bersaudara ini mengaku, dirinya mengambil jurusan Digital Communication di Universitas Surya. Pengambilan jurusan itu setelah adanya pertimbangan matang. "Saya ambil karena masih berkaitan dengan komputer, saya inikan tamatan dari SMK Swa Karya Binjai jurusan Teknik Komputer Jaringan," ucap pria yang selalu menyabet peringkat pertama di kelasnya.

Peserta lainnya, Hiskia Frans warga Perumnas Simalingkar ini mengambil Techno Entrepreneur di Universitas Surya. "Saya ambil Techno Entrepreneur, saya rasa ini yang tepat untuk saya," kata siswa peringkat 10 besar di SMA Negeri 15 Medan.
 
Sebelumnya, Rektor Universitas Surya Prof Yohanes Surya mengatakan, Universitas Surya adalah universitas sains dan teknologi berbasis riset. Universitas ini memiliki labarotarium riset dan 200 doktor ahli berbagai bidang sains dan teknologi.

"Kami akan segera menyiapkan seribu doktor, sehingga kelak lima ribu mahasiswa yang ada akan dapat ditangani dengan baik. Inilah modal Indonesia ke depan," katanya.

Kampus universitas ini berlokasi di kawasan Serpong, Tangerang Selatan, Provinsi Banten, perkotaan baru yang sedang berkembang dan menjadi kota penyangga Jakarta. "Gedung risetnya berdiri megah dan sangat artistik," sebutnya. (ril/ndi)


MEDAN - Calon penerima Beasiswa Dahlan Iskan di Universitas Surya yang lolos seleksi administrasi dari Kota Medan dan sekitarnya mengikuti tes tertulis


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News