Calon Pimpinan DPR RI Harus Berintegritas Tinggi

Calon Pimpinan DPR RI Harus Berintegritas Tinggi
Calon Pimpinan DPR RI Harus Berintegritas Tinggi

jpnn.com - JAKARTA - Pengamat politik dari Universitas Indonesia (UI), Agung Suprio menyatakan kriteria figur yang layak memimpin lembaga Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) RI untuk lima tahun ke depan, haruslah orang yang memiliki integritas tinggi, bersih dan kompeten. Kriteria tersebut diperlukan menurut Agung, untuk mendongkrak citra DPR ke depan.

"DPR RI adalah lembaga tinggi negara yang merupakan representasi perwakilan rakyat, sehingga diperlukan figur pemimpin yang kompeten dan bersih," kata Agung Suprio, saat dihubungi wartawan, Kamis (25/9).

Menurut Agung, DPR RI juga merupakan lembaga legislatif yang salah satu fungsinya adalah mengawasi penyelenggaraan pemerintahan. "Jangan sampai DPR RI citranya menurun, karena pimpinannya tidak memiliki rekam jejak baik," katanya.

Jadi sarannya, pilih calon Ketua DPR yang memiliki integritas tinggi, bersih dan kompeten. "Satu hal lagi, sebaiknya sosok yang sederhana agar memberikan teladan yang baik," ujarnya.

Dihubungi terpisah, pakar Hukum Tata Negara, Margarito Kamis mengatakan calon pemimpin DPR ke depan, sebaiknya dari generasi muda, tentunya yang mempunyai kekuatan lobi yang bagus dan fleksibel. Selain itu, calon pemimpin DPR juga harus punya relasi dengan dunia internasional.

"Ini yang terpenting. Dan sudah saat nya DPR dipimpin orang muda, berpengalaman sebagai anggota Dewan dan pernah menjadi pimpinan, minimal ketua fraksi juga sangat masuk akal untuk dicalonkan sebagai pimpinan DPR," sarannya. (fas/jpnn)


JAKARTA - Pengamat politik dari Universitas Indonesia (UI), Agung Suprio menyatakan kriteria figur yang layak memimpin lembaga Dewan Perwakilan Rakyat


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News