Cara Bea Cukai Dorong Pertumbuhan Industri di Banten

Cara Bea Cukai Dorong Pertumbuhan Industri di Banten
Kantor Wilayah (Kanwil) Bea Cukai Banten memberikan fasilitas gudang berikat ke PT Joowon Tech Indonesia pada Rabu (26/6). Foto: Bea Cukai

jpnn.com, JAKARTA - Kantor Wilayah (Kanwil) Bea Cukai Banten memberikan fasilitas gudang berikat ke PT Joowon Tech Indonesia pada Rabu (26/6).

Perusahaan itu mengajukan perizinan untuk gudang yang berlokasi di kawasan industri Cikupa, Kabupaten Tangerang.

Berdasarkan lokasi tersebut, PT Joowon Tech Indonesia akan berada di bawah pengawasan Bea Cukai Tangerang, yang merupakan unit vertikal Kanwil Bea Cukai Banten.

Kepala Kanwil Bea Cukai Banten, Rahmat Subagio menjelaskan gudang berikat ini merupakan tempat penimbunan berikat untuk menimbun barang impor, yang dapat disertai satu atau lebih kegiatan berupa pengemasan/pengemasan kembali, penyortiran, penggabungan (kitting), pengepakan, penyetelan, pemotongan, atas barang-barang tertentu dalam jangka waktu tertentu untuk dikeluarkan kembali.

"Dengan memeroleh izin fasilitas gudang berikat, PT Joowon Tech Indonesia akan mendapatkan fasilitas penangguhan bea masuk, pembebasan cukai, dan tidak dipungut pajak dalam rangka impor (PDRI) atas barang yang ditimbun," kata dia.

Seremoni pemberian izin fasilitas tersebut didahului dengan pemaparan proses bisnis perusahaan.

Dalam pemaparannya, perwakilan perusahaan menjelaskan company profile, sistem pengendalian internal, nature of bussiness, sistem IT iventory dan CCTV, serta kewajiban perpajakan, yang dilanjutkan tanya jawab oleh petugas Bea Cukai.

"Sesuai aturan yang berlaku, dalam pengajuan perizinan perusahaan harus melewati proses pemaparan terlebih dahulu. PT Joowon Tech Indonesia telah melalui pemeriksaan lapangan dan penelitian atas kelengkapan persyaratannya oleh Bea Cukai Tangerang. Ini semua bertujuan supaya Bea Cukai benar-benar yakin bahwa pemberian fasilitas tersebut tepat sasaran,” ujar Rahmat.

Setelahnya, diselenggarakan rapat penilaian kelayakan pemberian perizinan yang dipimpin langsung oleh Kepala Kanwil Bea Cukai Banten.

Kantor Wilayah (Kanwil) Bea Cukai Banten memberikan fasilitas gudang berikat ke PT Joowon Tech Indonesia pada Rabu (26/6).

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News