Cara Konvensional Tak Cukup untuk Atasi Banjir

Cara Konvensional Tak Cukup untuk Atasi Banjir
Cara Konvensional Tak Cukup untuk Atasi Banjir
PEMBANGUNAN terowongan multiguna atau deep tunnel akan direalisasikan Gubernur DKI Jakarta Joko Widodo. Sebagai tahap awal, orang nomor satu di Ibu Kota itu pun, berjanji akan membeberkan kajian tentang deep tunnel pada Rabu (2/1) mendatang.

"Rabu, saya tunjukkan kajiannya seperti apa," ujar Jokowi, sapaan akrabnya saat meninjau Kali Ciliwung, di Jalan Antara, Jakarta Pusat, kemarin (30/12).

Mantan Wali Kota Solo ini menjelaskan, kajian tentang terowongan multiguna berasal dari Kementerian Pekerjaan Umum (Kementerian PU). Tujuan pembangunannya sendiri, sebagai pengendalian air yang datang ke Jakarta dari wilayah lain. "Selain itu, juga untuk menyerap air hujan agar tidak menggenang di atas permukaan tanah," katanya.

Namun begitu, Jokowi menerangkan, terowongan multiguna hanya menjadi salah satu upaya. Di luar itu, tata ruang kota Jakarta juga mesti dibenahi, termasuk membangun sumur resapan, serta pelebaran dan pengerukan kali.

PEMBANGUNAN terowongan multiguna atau deep tunnel akan direalisasikan Gubernur DKI Jakarta Joko Widodo. Sebagai tahap awal, orang nomor satu di Ibu

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News