Cara Kota Melbourne Mempertahankan Pasar Tradisionalnya

Cara Kota Melbourne Mempertahankan Pasar Tradisionalnya
Cara Kota Melbourne Mempertahankan Pasar Tradisionalnya
Cara Kota Melbourne Mempertahankan Pasar Tradisionalnya

Supermarket terus menjamur di berbagai tempat di dunia, tak terkecuali di Australia. Konsekuensi dari terus bertumbuhnya supermarket adalah tergerusnya pasar tradisional yang telah menjadi pusat perekonomian warga sejak ratusan tahun lalu.

Pertumbuhan supermarket memang tak bisa dihindari sebagai konsekuensi perkembangan zaman. Namun, harus juga ada upaya untuk menjaga eksistensi pasar tradisional yang telah menjadi bagian sejarah pertumbuhan ekonomi di sebuah daerah.

Di Melbourne, supermarket berdiri di banyak titik, bahkan setiap beberapa kilometer bisa ditemukan supermarket. Namun, pasar tradisional ternyata juga tetap bisa eksis.

Setidaknya ada tiga pasar tradisional yang masih sangat eksis di Melbourne, yakni Footscray Market, Quenn Victoria Market dan South Melbourne Market. Ketiga pasar itu tetap didatangi ribuan warga setiap harinya.

Cara Kota Melbourne Mempertahankan Pasar Tradisionalnya
Suasana pasar South Melbourne Market. (Foto: detik.com/Ikhwanul Khabibi)

Tentu harus ada strategi khusus yang dikerahkan para pengelola pasar agar popularitas pasar tradisional tetap bisa bertahan. Jaminan kualitas mutu produk dan kenyamanan pelanggan menjadi hal yang diperhatikan para pengelola.

detikcom dan 2 media lain yang difasilitasi Australia Plus ABC International yang berada di Melbourne beberapa waktu yang lalu kemudian mengunjungi tiga pasar tradisional itu. Ternyata, suasana ketiga pasar tradisional itu sangat bersih, tertata rapi dan nyaman untuk berbelanja.

"Tantangan kami saat ini adalah menjaga pasar tetap diminati warga. Untuk itu kami harus menjamin kenyamanan warga yang berbelanja di sini," ujar Manager South Melbourne Market, Ross Williamson.

Pasar tradisional di Melbourne juga menawarkan harga yang lebih murah bagi para pembeli. Selain itu, kualitas barang yang dijual juga sangat bagus. Semua kebutuhan warga juga tersedia di pasar tradisional, sehingga warga tak perlu pergi ke tempat lain untuk mencari kebutuhan.

Supermarket terus menjamur di berbagai tempat di dunia, tak terkecuali di Australia. Konsekuensi dari terus bertumbuhnya supermarket adalah tergerusnya

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News