Cari Celah Bisa Bela Timnas

APPI Bertemu Pengurus PSSI, PT LPIS, dan PT LI

Cari Celah Bisa Bela Timnas
Foto: Dok.JPNN
JAKARTA - Asosiasi Pemain Profesional Indonesia (APPI) menyikapi serius larangan membela tim nasional (timnas) bagi pemain yang berlaga di luar kompetisi resmi PSSI. Kemarin (13/12) pengurus APPI bertemu para pengurus PSSI, PT Liga Prima Indonesia Sportindo (LPIS), dan PT Liga Indonesia (PT LI).

Pertemuan itu dilakukan untuk mencari solusi atas pernyataan PSSI bahwa pemain yang berlaga di luar kompetisi PSSI dilarang bergabung dengan timnas. Itu sesuai dengan Pasal 79 Statuta FIFA. Setelah pertemuan tersebut, APPI mengadakan konferensi pers di kawasan Kuningan, Jakarta, tadi malam.

Presiden APPI Ponaryo Astaman menyatakan mengerti bahwa aturan yang dibuat FIFA tentu harus mematuhi. "Tetapi, menganalisis penafsiran Pasal 79 Statuta FIFA, kami menilai bahwa ada langkah yang dapat dilakukan PSSI untuk dapat memanggil pemain di luar kompetisi IPL (Indonesian Premier League)," paparnya.

Menurut APPI, hal yang bisa dilakukan PSSI adalah membebaskan pelatih timnas memilih pemain yang akan dipanggil. Kemudian, didata jumlah pemain yang berlaga di luar kompetisi IPL. "Pasal 79 Statuta FIFA tidak serta-merta melarang semua pemain yang berada dalam kompetisi federasi untuk bermain di timnas. Karena itu, pelatih harus diberi kebebasan dalam memilih pemain yang terbaik," jelasnya.

JAKARTA - Asosiasi Pemain Profesional Indonesia (APPI) menyikapi serius larangan membela tim nasional (timnas) bagi pemain yang berlaga di luar kompetisi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News