Cawagub Sulteng AKA: Asuransi Pertanian Antisipasi Perubahan Iklim dan Megathrust

Cawagub Sulteng AKA: Asuransi Pertanian Antisipasi Perubahan Iklim dan Megathrust
Pasangan Pilgub Sulteng 2024 Ahmad Ali-AKA bersama artis Raffi Ahmad (tengah). Foto: dok Instagram @banuata.id

jpnn.com - Calon Wakil Gubernur Sulawesi Tengah Abdul Karim Aljufri (AKA) bicara meningkatnya ancaman bencana alam berupa banjir yang menggenang area persawahan, kekeringan, serta perubahan musim yang berpotensi mengakibatkan penurunan produksi pangan bahkan gagal panen.

Ia mengatakan sebagai akibat ancaman bencana hidro meteorogis karena perubahan iklim dan bencana geologis gempa bumi dipastikan akan berdampak besar pada mata pencaharian masyarakat Sulawesi Tengah.

AKA memastikan dirinya bersama calon gubernur Ahmad Ali, sudah menyiapkan langkah konkret meliputi upaya mitigasi dan adaptasi, hingga kebijakan perlindungan pasca bencana.

“Sosialisi mitigasi tentang potensi, sekali lagi, saya tekankan “potensi” ancaman bencana alam termasuk Megathrust wajib dilakukan pemerintah daerah, siapapun pemimpin Sulteng. Kami pernah mengalami bencana Palu Sigi Donggala Parimo (PASIGALA), dan itu pelajaran berharga," ujar AKA.

AKA juga menekan perlunya kebijakan dan persiapan perlindungan warga baik dari sisi pengetahuan, mental maupun mata pencarian mereka.

Karena menurutnya, perjalanan paling melelahkan bagi para korban adalah saat menjalani kehidupan pasca bencana.

Pemulihan mental dan fisik menjadi salah satu yang terpenting bagi para korban.

"Penderitaan mereka bukan hanya saat menghadapi bencana, tapi pasca bencana. Sumber makan mereka hilang, mental mereka runtuh. Saat kondisi itu, pemimpin harus hadir baik fisik maupun kebijakan. Salah satu kebijakan yang Ahmad Ali dan saya usung adalah asuransi pertanian, itu salah satu bentuk kehadiran kami nantinya," ujar AKA.

AKA memastikan dirinya bersama calon gubernur Ahmad Ali, sudah menyiapkan langkah konkret meliputi upaya mitigasi dan adaptasi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News