Cegah DBD, Abate Gratis Dibagikan

Cegah DBD, Abate Gratis Dibagikan
Cegah DBD, Abate Gratis Dibagikan
TARAKAN--Merujuk pada hasil survei kasus Demam berdarah Dengue (DBD) beberapa tahun terakhir, puncak kasus DBD terbanyak setiap tahunnya terjadi sekira bulan April dan Mei. Nah, guna mengantisipasi merebaknya kasus DBD hingga ke level Kejadian Luar Biasa (KLB), pihak Dinas Kesehatan Kota Tarakan, akan melakukan aksi larvasidasi massal dengan membagikan bubuk abate secara gratis kepada warga pada tanggal 1 hingga 3 April.

Kepala Dinas Kesehatan, dr H Khairul mengaku larvasidasi massal kali ini dilakukan sebagai langkah antisipasi KLB, mengingat hampir seluruh wilayah atau kelurahan sudah endemis (terdapat temuan kasus terjadi setiap tahun) dan sebagain wilayah lainnya sporadis (temuan kasus dalam 3 tahun terkahir).

"Puncak kasus DBD biasanya terjadi pada bulan April hingga Mei, jadi langkah seperti ini penting kita lakukan," jelasnya.

Lanjutnya, untuk menekan angka temuan kasus, Khairul juga mengakui bahwa peran serta seluruh elemen masyarakat untuk sama-sama menjaga kebersihan lingkungan sangat penting. Sebab, kondisi lingkungan juga sangat berpengaruh, utamanya konsistensi dalam melakukan aksi 3M""menguras dan menutup tempat penampungan air, serta mengubur barang-barang bekas yang bisa menampung air hujan.

TARAKAN--Merujuk pada hasil survei kasus Demam berdarah Dengue (DBD) beberapa tahun terakhir, puncak kasus DBD terbanyak setiap tahunnya terjadi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News