China Janji Guyur Afrika dengan Hibah Militer Rp 2,1 T

China Janji Guyur Afrika dengan Hibah Militer Rp 2,1 T
Presiden Tiongkok Xi Jinping. Foto: Reuters

jpnn.com, BEIJING - Pemerintah China berjanji akan memberikan hibah militer senilai 1 miliar yuan (sekitar Rp 2,17 triliun) ke negara-negara Afrika sebagai salah satu aksi kemitraan dari Forum Kerja Sama Tiongkok-Afrika (FOCAC).

"Kami akan memberikan hibah bantuan militer senilai 1 miliar yuan kepada Afrika, memberikan pelatihan bagi 6.000 personel militer dan 1.000 polisi dan petugas penegak hukum dari Afrika," kata Presiden China Xi Jinping saat menyampaikan pidato pembuka dalam Konferensi Tingkat Tinggi FOCAC 2024 di Beijing, China pada Kamis.

KTT FOCAC 2024 yang berlangsung pada 4-6 September 2024 di Beijing adalah forum kerja sama resmi antara China, 53 negara di benua Afrika (kecuali Eswatini) dan Komisi Uni Afrika yang terbentuk pertama kali pada 2000 dan mengadakan KTT di level kepala negara/pemerintahan setiap tiga tahun sekali.

"Kami juga mengundang 500 perwira militer muda Afrika untuk mengunjungi China. Perwira militer tersebut akan melakukan latihan bersama, pelatihan, dan patroli, melaksanakan 'aksi untuk Afrika yang bebas ranjau' dan bersama-sama memastikan keselamatan personel dan sejumlah proyek," ungkap Presiden Xi.

Presiden Xi juga menggagas "Aksi Kemitraan Pembelajaran Bersama Antar Peradaban" dengan yaitu ruang untuk berbagi pengalaman tata kelola, jaringan pembangunan China-Afrika dan 25 pusat studi China dan Afrika.

"Kami akan memanfaatkan akademi kepemimpinan Afrika dengan lebih baik untuk menumbuhkan bakat tata kelola rakyat Afrika dan mengundang 1.000 anggota partai politik Afrika ke China agar bisa berbagi pengalaman dalam tata kelola partai dan negara," tambah Presiden Xi.

Selanjutnya di bidang kesehatan, China akan membentuk aliansi rumah sakit dan pusat medis bersama dengan Afrika.

"Kami akan mengirim 2.000 tenaga medis ke Afrika dan meluncurkan 20 program fasilitas kesehatan dan pengobatan malaria. Kami akan mendorong perusahaan China untuk berinvestasi dalam produksi farmasi Afrika dan terus melakukan apa yang kami bisa untuk membantu Afrika dalam mengatasi epidemi," kata Presiden Xi.

KTT FOCAC 2024 yang berlangsung pada 4-6 September 2024 di Beijing adalah forum kerja sama resmi antara China, 53 negara di benua Afrika

Sumber ANTARA

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News