Ciptakan Kamseltiblancar Menjelang Pilkada, Polres Banyuasin Gelar Operasi Zebra Musi 2024

Ciptakan Kamseltiblancar Menjelang Pilkada, Polres Banyuasin Gelar Operasi Zebra Musi 2024
Kapolres Banyuasin AKBP Ruri Prastowo saat memimpin Apel Gelar Pasukan Operasi Zebra Musi 2024, Senin (14/10/2024). Foto: Source for JPNN.com.

jpnn.com - PALEMBANGPolres Banyuasin, Polda Sumatera Selatan, menggelar Operasi Zebra Musi 2024 pada 14-23 Oktober 2024, guna menciptakan kondisi kamseltibcarlantas (keamanan, keselamatan, ketertiban, dan kelancaran lalu lintas) menjelang tahapan Pilkada 2024, yang aman dan kondusif.

Kapolres Banyuasin AKBP Ruri Prastowo mengatakan bahwa Operasi Zebra Musi 2024 digelar menanggapi tingginya tingkat kecelakaan dan pelanggaran lalu lintas di Sumsel, khususnya wilayah hukum Polres Banyuasin.

Ruri menjelaskan kemacetan merupakan salah satu pemicu para pengendara melanggar aturan-aturan lalu lintas, misalnya melawan arah, menerobos lampu merah, menggunakan trotoar / jalur pejalan kaki untuk berkendara dan tindakan tidak tertib berlalu lintas lainnya yang dapat mengakibatkan kecelakaan.

“Kami mengajak seluruh lapisan masyarakat untuk berpartisipasi aktif dalam mewujudkan keamanan dan keselamatan berlalu lintas. Kesadaran dan kepatuhan setiap individu adalah kunci utama dalam menciptakan kondisi lalu lintas yang tertib dan aman," kata AKBP Ruri seusai memimpin Apel Gelar Pasukan Operasi Zebra Musi 2024, Senin (14/10).

Alumnus Akademi Kepolisian (Akpol) 2005 ini mengatakan bahwa Operasi Zebra Musi 2024 akan mengedepankan pendekatan edukatif dan persuasif, yang dilaksanakan secara humanis, didukung oleh penegakan hukum secara elektronik, baik statis maupun mobile.

"Petugas juga akan memberikan teguran serta tindakan tegas terhadap pelanggaran yang berpotensi membahayakan keselamatan pengguna jalan," ungkap perwira menengah Polri, itu.

Adapun tujuh pelanggaran yang menjadi fokus pada Operasi Zebra Musi 2024 di Polres Banyuasin, yakni

kendaraan over dimension over load (ODOL), pengemudi / pengendara kendaraan bermotor masih di bawah umur, pengemudi / pengendara sepeda motor yang berboncengan lebih dari satu orang.

Polres Banyuasin gelar Operasi Zebra Musi 2024, AKBP Ruri Prastowo ajak masyarakat berpartisipasi aktif mewujudkan kamseltibcarlantas.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News