Cuaca Buruk, Produksi Kopi Turun

Cuaca Buruk, Produksi Kopi Turun
Cuaca Buruk, Produksi Kopi Turun
BANDUNG - Kondisi cuaca belakangan ini berdampak negatif pada sektor perkebunan kopi. Pasalnya, curah hujan yang tinggi menyebabkan produksi kopi nasional mengalami penurunan yang cukup drastis.

Pengusaha Kopi, Widya Pratama mengatakan, saat ini banyak daerah di Indonesia, yang menjadi sentra produksi kopi mengalami gagal panen. "Biasanya saya mendapat pasokan kopi dari sejumlah perkebunan di Jawa dan Sumatera. Bahkan, kaibat gagal panen produksi kopi turun hingga 10%," tutur Widya.

Sementara itu, hal senada juga diungkapkan oleh Yanthi Tambunan seorang pemilik Kopi Bandar. Menurutnya, hasil panen kopi di sejumlah perkebunan menurun dan kondisi tersebut diakibatkan oleh cuaca yang kurang mendukung.

"Tahun ini, produksi kopi turun drastic. Tapi sejauh ini, kita mendapatkan pasikan dari berbagai daerah. Antara lain, Aceh, Jawa dan Papua. Turunnya produksi perkebunan kopi menyebabkan pasokan menjadi tersendat," katanya.

BANDUNG - Kondisi cuaca belakangan ini berdampak negatif pada sektor perkebunan kopi. Pasalnya, curah hujan yang tinggi menyebabkan produksi kopi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News