Cuaca Ekstrem hingga Maret

Cuaca Ekstrem hingga Maret
Cuaca Ekstrem hingga Maret
BOGOR-Cuaca ekstrem diprediksi akan terus mengepung Bogor hingga Maret tahun depan. Cuaca paling ekstrem diperkirakan terjadi pada Februari 2013. Karena itu, masyarakat Bogor, khususnya yang bermukim di  daerah rawan bencana diimbau untuk ekstra waspada.

Bencana banjir dan longsor pada awal dan akhir tahun selalu menjadi langganan Bogor.  Sepanjang 2012, tren peningkatan curah hujan terjadi dua kali, pada Februari lalu dan November ini.

Tren peningkatan curah hujan tersebut menjadi petaka, karena bisa memicu keganasan sungai Ciliwung. Fluktuasi ketinggian air di Bendung Katulampa pun menjadi sulit untuk diprediksi, sehingga ancaman banjir bisa datang kapan saja.

"Dulu ada siklus lima tahunan. Pada 2002 memuncak, kemudian terjadi lagi pada 2007. Dari situ, ketinggian air Sungai Ciliwung selalu mengalami peningkatan signifikan setiap tahun," kata Koordinator Penjaga Bendung Katulampa, Andi Sudirman kepada Radar Bogor (Grup JPNN).

BOGOR-Cuaca ekstrem diprediksi akan terus mengepung Bogor hingga Maret tahun depan. Cuaca paling ekstrem diperkirakan terjadi pada Februari 2013.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News