Curang, Unas di Pohuwato Diulang !

Curang, Unas di Pohuwato Diulang !
Curang, Unas di Pohuwato Diulang !
JAKARTA— Terbukti melakukan kecurangan dalam pelaksanaan Ujian Nasional (Unas), seluruh sekolah Menengah Atas (SMA) di wilayah Kabupaten Pohuwato, Gorontalo diwajibkan untuk mengulang Unas. "Kemendiknas sudah memutuskan untuk mengulang ujian nasiional, karena meyakini telah terjadi kecurangan," kata Kepala Badan Penelitian dan Pengembangan (Balitbang) Kemdiknas, Mansyur Ramli kepada wartawan di Jakarta, Senin (25/4).

Menurut Mansyur, sumber kecurangan diketahui terjadi di SMA 1 Paguwat, Pohuwato, Gorontalo.“Berdasarkan informasi dan hasil penyelidikan yang kami lakukan, sumber kebocoran soal Unas adalah SMAN 1 Paguwat. Namun, kami yakin bocornya soal itu sudah menyebar di sekolah-sekolah lainnya yang berada di kabupaten tersebut,” ungkap Mansyur di Gedung Kemdiknas, Jakarta.

Kepala BSNP, M Aman Wirakartakusumah menyebutkan, jumlah sekolah yang berada di kabupaten Pohuwato, Gorontalo tersebut sebanyak 8 sekolah. Antara lain, SMAN 1 Paguwat dengan jumlah siswa 45 orang, SMA 1 Marisa  sebanyak 100 orang, SMA 1 Krandangan sebanyak 38 orang, SMAN 1 Lemito sebanyak  29 orang, SMAN 1 Popayato 69 orang, SMAN 1 Buntulia sebanyak 18 orang, Madrasah Aliyah Negeri (MAN) Al Ikhlas Paguwat sebanyak 24 orang, dan Madrasah Aliyah (MA) Al Khairat Marisa sebanyak 22 orang. 

“Jadi jumlah siswa yang terbukti melanggar dan wajib untuk mengikuti Unas ulangan ada sebanyak  385 orang. Sumber kebocoran ada di SMAN 1 Paguwat,” papar Aman.

JAKARTA— Terbukti melakukan kecurangan dalam pelaksanaan Ujian Nasional (Unas), seluruh sekolah Menengah Atas (SMA) di wilayah Kabupaten Pohuwato,

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News