Daerah Baru Jangan Hanya Dinikmati Elit

Daerah Baru Jangan Hanya Dinikmati Elit
Daerah Baru Jangan Hanya Dinikmati Elit
JAKARTA -- Banyak Daerah Otonomi Baru (DOB) hasil pemekaran kinerjanya belum memuaskan. Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Gamawan Fauzi mengatakan, pemerintah telah mengawasi ratusan DOB sejak 1999 hingga 2009 yang terdiri dari tujuh provinsi, 164 kabupaten dan 34 kota.

Menurutnya, secara keseluruhan hasil evaluasi itu dari sisi faktor peningkatan perekonomian dan kesejahteraan serta tata kelola pemerintahan,  belum terlalu memuaskan.

"Karena proses DOB belum memerhatikan aspek teknis pemerintah. Sikap dan prilaku penyelenggara pemerintahan daerah kurang berorientasi kepada kepentingan masyarakat kendati pemerintah sudah melakukan langkah memerkuat kapasitas penyelenggara pemerintah daerah," kata Gamawan dalam sidang paripurna DPR, Jumat (14/12) di Jakarta.

Ia mengatakan, saat ini RUU Pemerintah Daerah tengah dibahas oleh DPR. Dia mengatakan, pemerintah mengusulkan agar dalam RUU Pemda itu juga dimasukkan soal penataan DOB.

JAKARTA -- Banyak Daerah Otonomi Baru (DOB) hasil pemekaran kinerjanya belum memuaskan. Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Gamawan Fauzi mengatakan,

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News