Daerah tak Wajib Terima CPNS Tiap Tahun

Daerah tak Wajib Terima CPNS Tiap Tahun
Daerah tak Wajib Terima CPNS Tiap Tahun

JAKARTA-Meski dalam direktif presiden di Bogor pada September lalu perlu ada pengendalian jumlah PNS, namun Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi tetap akan membuka penerimaan CPNS setiap tahunnya. Alasannya, untuk mencegah munculnya tenaga honorer baru. Juga mengisi formasi pegawai yang setiap tahunnya sekitar 165 ribu kosong karena adanya mutasi, pensiun, meninggal, diberhentikan.

"Jumlah PNS kita yang 4,7 juta masih angka yang moderat. Kalau kita batasi lowongan CPNS dua tahun atau tiga tahun sekali justru akan menambah masalah baru. Apalagi tiap tahun ada 165 ribu kursi PNS yang kosong, selain itu adanya daerah otonom baru yang harus diisi aparaturnya," tutur Menneg PAN&RB EE Mangindaan dalam konpres, Jumat (12/11).

Mengenai antipasi Kementerian PAN&RB dalam mengendalikan jumlah pegawai, dilakukan lewat kontrol formasi CPNS yang disatupaketkan dengan rincian jabatan. Selain itu setiap kepala daerah diwajibkan menyusun manajemen PNS, di mana disebutkan rencana pengembangan aparaturnya selama lima tahun.

"Jadi saya bisa tahu daerah A dalam lima tahun butuhnya berapa," ucapnya.

JAKARTA-Meski dalam direktif presiden di Bogor pada September lalu perlu ada pengendalian jumlah PNS, namun Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News