Daerah Tunggu Alat e-KTP

Daerah Tunggu Alat e-KTP
Daerah Tunggu Alat e-KTP
MATARAM - Hingga saat ini, sejumlah daerah masih belum tersentuh program Kartu Tanda Penduduk (KTP) Elektronik atau e-KTP. Hal itu disebabkan oleh lambannya pemerintah pusat dalam mengirimkan alat e-KTP tersebut. ‘‘Belum semua. Beberapa kabupaten masih menunggu alat,‘‘ kata Kepala Dinas Sosial, Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Dinsosdukcapil) NTB, Bachruddin.

Ia menyebutkan beberapa daerah yang masih menunggu alat tersebut. Yaitu, Kabupaten Lombok Barat, Kabupaten Lombok Utara, Lombok Timur, Sumbawa, Dompu dan Bima. Sementara Kabupaten Lombok Tengah, Kota Mataram, Kota Bima sudah selesai menjalankan program ini April lalu. ‘‘Tiga kabupaten/kota itu kini hanya melayani pergantian KTP lama ke e-KTP yang reguler,‘‘ ungkapnya.

Bagaimana dengan Kabupaten Sumbawa Barat (KSB)? Dia mengatakan, untuk KSB saat ini sedang berjalan. Ia mengharapkan semuanya berjalan lancar dan program ini tuntas pada akhir 2012 ini. ‘‘Kami berharap peralatan e-KTP ini segera datang,‘‘ harapnya.

Lalu bagaimana nasib masyarakat yang sudah mengganti KTP lama ke e-KTP tapi belum menerima e-KTP nya? Bachruddin mengatakan, sebenarnya beberapa daerah yang sudah tuntas melaksanakan e-KTP, seperti Kota Mataram, Kota Bima dan Lombok Tengah sudah menerima cetakan e-KTP. ‘‘Hanya saja belum dapat dibagikan ke masyarakat karena alat untuk mengecek sidik jari dan nomor NIK belum datang,‘‘ tandasnya.

MATARAM - Hingga saat ini, sejumlah daerah masih belum tersentuh program Kartu Tanda Penduduk (KTP) Elektronik atau e-KTP. Hal itu disebabkan oleh

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News