Daftar Nama 33 Calon Dubes, Ada Junimart dan Bu Susi

Daftar Nama 33 Calon Dubes, Ada Junimart dan Bu Susi
Wakil Ketua Komisi II DPR RI Junimart Girsang, menjadi calon dubes RI. Ilustrasi Foto: Humas DPR RI

jpnn.com - JAKARTA – Komisi I DPR RI telah memberikan persetujuan dengan catatan terhadap 33 calon duta besar (dubes) luar biasa dan berkuasa penuh (LBBP) RI.

Para calon dubes LBBP RI sebelumnya telah mengikuti uji kelayakan dan kepatutan (fit and proper test) yang digelar tertutup oleh Komisi I DPR RI pada Selasa hingga Rabu (17-18 September).

"Ya (disetujui), ada catatan, sifatnya rahasia, saya enggak mungkin sampaikan," kata Ketua Komisi I DPR RI Meutya Hafid di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Senin (23/9).

Ketika ditanyakan kapan nama-nama tersebut akan dibawa ke rapat paripurna DPR RI untuk disetujui, dia menyerahkan hal tersebut kepada pimpinan DPR RI.

Terkait kemungkinan adanya tambahan calon dubes LBBP RI lainnya yang akan mengikuti uji kelayakan dan kepatutan selanjutnya oleh Komisi I DPR, Meutya menyebut bahwa kemungkinan besar hanya ada 33 nama itu.

"Ya, sepertinya melihat waktunya kan sudah selesai, minggu depan kita sudah minggu terakhir," kata dia.

Sebelumnya, beredar di publik daftar 46 nama yang diajukan Presiden Jokowi untuk mendapatkan pertimbangan dari DPR RI sebagai dubes LBBP RI.

Sebanyak 33 calon dubes LBBP RI mengikuti uji kelayakan dan kepatutan yang digelar oleh Komisi I DPR RI pada Selasa hingga Rabu (17-18 September) di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta.

Berikut ini daftar nama 33 calon dubes luar biasa dan berkuasa penuh (LBBP) RI yang sudah menjalani fit and proper test oleh Komisi I DPR.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News