Dahlan Iskan Bangga Pabrik Gula BUMN Menggeliat Lagi

Dahlan Iskan Bangga Pabrik Gula BUMN Menggeliat Lagi
Dahlan Iskan Bangga Pabrik Gula BUMN Menggeliat Lagi
MADIUN - Menteri BUMN Dahlan Iskan tak mau menyia-nyiakan waktu dalam kunjungannya ke daerah. Setelah melaunching mock up atau contoh monorel di kantor PT INKA, Madiun, Jawa Timur, Senin (6/5), Dahlan langsung bergegas meninjau tiga pabrik gula yang ada kota pecel itu.

Pabrik gula pertama yang ia kunjungi adalah pabrik gula Rejo Agung Madiun milik PT RNI. Pabrik itu sempat puluhan tahun lalu merugi dengan kondisi yang sangat memprihatinkan. Tapi kini, kondisi pabrik itu sudah berubah. Pabrik gula Rejo mulai menggeliat lagi tak hanya dalam hal penampilan fisik pabrik, tapi juga manajemen perusahaannya.

"Dari sisi labapun meningkat. Bandingkan dengan kondisi tahun 2011 di mana rendemen (kandungan gula dalam tebu-red) 6,3, kerugian Rp 4 miliar dengan kapasitas produksi di bawah 500 ton per tahun. Di tahun 2012 rendemen menjadi 6,88, keuntungan Rp 66 miliar dan produksi 550 ton," ujar Dahlan di pabrik itu.

Selesai meninjau pabrik gula Rejo Agung, Dahlan lantas meninjau pabrik gula Pagotan milik PTPN XI.  "Kondisi pabrik Pagotan tahun 2011 mengalami kerugian Rp 15 miliar dan produksi 19 ribu ton. Sedangkan 2012 produksi 29 ribu ton, laba menjadi Rp 18 miliar," tuturnya.

MADIUN - Menteri BUMN Dahlan Iskan tak mau menyia-nyiakan waktu dalam kunjungannya ke daerah. Setelah melaunching mock up atau contoh monorel di

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News