Dahulu Suka Piknik Bareng, Ratusan Warga Windan Kini Kompak Pergi Umrah Bersama

Dahulu Suka Piknik Bareng, Ratusan Warga Windan Kini Kompak Pergi Umrah Bersama
Ratusan warga Dukuh Windan Baru RT 04/RW 07 Gumpang Kartasura Sukoharjo Jawa Tengah (Jateng) saat mengikuti acara ceremonial Umroh Bareng from Hamzah to Jeddah di Masjid Hamzah, Sabtu (26/10/2024). foto : Romensy Augustino/JPNN.com

jpnn.com, JAKARTA - SOLO-Sebanyak 141 warga Dukuh Windan Baru RT 04/RW 07 Gumpang Kartasura Sukoharjo Jawa Tengah (Jateng) berangkat ke Arab Saudi untuk ibadah umroh, Sabtu (26/10) malam. Warga ingin piknik sambil mencari berkah di Tanah Suci.

Laporan Romensy Augustino - Solo

Ba'da isya Masjid Hamzah di wilayah RT 04/RW 07 Gumpang Kartasura Sukoharjo Jawa Tengah (Jateng), Sabtu (26/10) tampak ramai.

Ratusan warga berkumpul mengikuti serangkaian acara ceremonial sebelum menempuh perjalanan sejauh 12.276 km ke Arab Saudi. 

Mengenakan seragam batik hitam kombinasi kuning para jemaah baik laki-laki ataupun perempuan dewasa duduk rapi memenuhi dalam dan luar masjid sedangkan anak-anak tampak semringah mengikuti rangkaian acara tersebut. 

Para jemaah kemudian memulai perjalanannya menuju Jeddah Arab Saudi sekitar pukul 21:00 WIB.

Sebanyak 3 bus telah disiapkan untuk mengangkut para jemaah menuju Jakarta sebelum terbang ke Jeddah pada Minggu (27/10) sore.

Direncanakan para jemaah akan kembali ke Indonesia pada 4 November 2024. 

Menurut Ketua panitia Mahfud Afdarul Chodri (48), sebanyak 141 warga yang mendaftarkan diri untuk mengikuti kegiatan piknik tahunan ini dipastikan berangkat seluruhnya.

Sekitar 10 warga memilih tidak ikut dalam rombongan dan akan bertemu di Jeddah. 

Dalam rombongan, sedikitnya ada satu bayi yang masih berusia 8 bulan dan 4 lansia yang salah satunya telah berusia 82 tahun.

"Sebagian karena beliaunya ini ada di Jakarta jadi langsung di Jakarta. Untuk di jakarta ada 4 orang. Kemudian ada beberapa karena usia naik pesawat besok pagi. Jadi jumlah berkurang sekitar 10 orang. Insyaallah berangkat semua," ujarnya saat diwawancarai, Sabtu (26/10) malam.

Gegara Rutin Piknik

Warga Dukuh Windan Baru RT 04/RW 07 punya agenda rutin menggelar piknik tahunan. Umrah bareng pada awalnya menjadi sebuah wacana yang mengagetkan. 

Mahfud menceritakan, wacana ini muncul pertama kali sekitar bulan Agustus 2023. Kala itu warga tengah menggelar sarasehan di Puncak Pinus Becici, Dlingo, Bantul, Yogyakarta. 

Salah seorang warga usul agar kegiatan piknik tahunan bisa memberikan keberkahan bagi seluruh warga Windan Baru RT 04/RW 07. Akhirnya muncullah wacana piknik ke Arab Saudi untuk umroh. 

"Agak tercengang, biaya mahal, waktunya. tidak semua pekerjaannya sama. Tetapi, setelah dicermati di rumah ini idenya cukup bagus," ujarnya. 

Akhirnya pada bulan September 2023, warga mengerjakan serius wacana tersebut. Perwakilan warga mulai berdiskusi dengan Salah seorang Muthawif atau untuk pembimbing atau pemandu ibadah haji atau umrah bernama Uztad Na'im.

Mahfud menerangkan, salah satu hal yang didiskusikan adalah biaya untuk melakukan perjalanan Umroh. Hasil diskusi itu disampaikan ke warga dan diambilah keputusan membentuk susunan panitia pada Oktober 2023. 

"Sesuai dengan departemen agama itu tidak boleh di bawah 20 juta. Disampaikan ke warga rata-rata siap," kata dia.

Pada Oktober 2024 adalah target yang dicanangkan untuk merealisasikan wacana Umroh bareng. Total panitia menggelar 24 kali rapat untuk mengurus administrasi. 

"Mulai data, membantu pemberkasan sampai manasik itu yang ngurusi panitia. Biro hanya mencarikan visa tiket PP pesawat dan hotel jadi 80 persen hampir seluruhnya kerja panitia. Setahun mereka nabung Alhamdulillah cukup sampai sekarang," jelas Mahfud.

Kegiatan Umrah Bareng ini pun menjadi kegiatan pertama yang dilakukan para warga.

"Belum pernah sama sekali, jadi kami berencana belum pernah ada baru kali ini kita," tutur Mahfud. (mcr21/jpnn)

Sebanyak 141 warga Dukuh Windan Sukoharjo Jawa Tengah berangkat ke Arab Saudi guna melaksanakan ibadah umrah bersama.


Redaktur : Natalia
Reporter : Romensy Augustino

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News