Dampak Gempa Bandung, BPBD Cianjur Masih Data Kerusakan

Dampak Gempa Bandung, BPBD Cianjur Masih Data Kerusakan
Bangunan ambruk akibat guncangan gempa magnitudo 5.0 di Kecamatan Kertasari, Kabupaten Bandung, Rabu (18/9). Foto: Nur Fidhiah Shabrina/JPNN.com

jpnn.com, CIANJUR - BPBD Kabupaten Cianjur masih melakukan pengawasan dan pendataan terkait kerusakan akibat gempa magnitudo 5,0 yang terpusat di Kabupaten Bandung, Jawa Barat.

BPBD mengimbau warga tetap waspada dan segera melapor.

Kepala Pelaksana BPBD Cianjur Asep Sukma Wijaya mengatakan meski data sementara tidak ada kerusakan rumah atau fasilitas umum akibat gempa Bandung, namun pihaknya meminta peran aktif warga untuk melapor jika terdampak.

"Sampai hari ini hasil pendataan sementara tidak ada kerusakan yang terjadi, namun kami minta warga yang terdampak segera melapor melalui desa atau kecamatan," katanya, Kamis.

Dia menjelaskan Cianjur termasuk dalam zona merah bencana termasuk rawan gempa, di mana sebagian besar wilayahnya dilintasi patahan aktif Sesar Cimandiri dan yang terbaru Sesar Cugenang.

Termasuk juga wilayah yang berpotensi terdampak gempa bumi megathrust, sehingga pihaknya secara aktif melakukan sosialisasi agar wawasan dan pengetahuan masyarakat terkait gempa bumi bertambah, terutama melakukan evakuasi mandiri ketika terjadi bencana.

“Kami menggencarkan sosialisasi di wilayah Cianjur selatan, terutama daerah pantai agar masyarakat tetap waspada dan tidak panik, termasuk penanganan cepat dan upaya menghindari korban jiwa saat terjadi bencana ke sekolah-sekolah," katanya.

Sedangkan terkait gempa Bandung, pihaknya telah mengirim petugas dan logistik untuk membantu meringankan beban penyintas di sejumlah kecamatan di Kabupaten Bandung.

BPBD Kabupaten Cianjur masih melakukan pengawasan dan pendataan terkait kerusakan akibat gempa yang terpusat di Kabupaten Bandung.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News